Implementasi Deteksi Perkembangan Anak Melalui Pelatihan KPSP ( Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) pada Guru TK Islam Nurul Izzah

Authors

  • Siti Haryani Universitas Ngudi Waluyo
  • Ana Puji Astuti Universitas Ngudi Waluyo
  • Joyo Minardo Universitas Ngudi Waluyo
  • Kartika Sari Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v4i1.1622

Abstract

Development is an increase in abilities (skills) in more complex body structures and functions in a regular and predictable pattern, as a result of the maturation process. The purpose of this activity is to provide an overview of the detection of child development through training. The method used is to provide KPSP training (Pre-Development Screening Questionnaire) to teachers at Nurul Izzah Kindergarten in order to detect the development of students according to their age. The result of this activity is that 100% of teachers participate in developmental detection training using KPSP and the development of students who are carried out for developmental detection is in accordance with their age(100%).

ABSTRAK
Perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan gambaran tentang deteksi perkembangan anak melalui pelatihan. Metode yang digunakan yaitu memberikan pelatihan KPSP (Kuesioner pra Skrining Perkembangan) kepada para guru di TK Nurul Izzah agar dapat mendeteksi perkembangan para siswa sesuai usianya. Hasil kegaiatan ini adalah 100 % guru mengikuti pelatihan deteksi perkembangan dengan menggunakan KPSP dan perkembangan siswa yang dilakukan deteksi perkembangan sudah sesuai dengan usianya (100%).

References

Ber, I. E (2003) Child Development, Edisi VI, USA : Pearson Education Inc

Kemenkes RI. 2019. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Direktorat Keseahatan Keluarga. Jakarta

Komala. 2017. Stimulasi Melejitkan Potensi, Minat Dan Bakat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. Volume 3 No. 2 . Bandung. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/650diunduh pada tanggal 14 Pebruari2019

Mariyana, Rita, dkk.2009. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Bandung:Kencana. Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.

Novianti dkk. 2018. Program Psikoedukasi untuk meningkatkan pengetahuan guru PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang tenatng cirri perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal Pangabdian Kepada Masyarakat. Vo. 2 No.1 Februari Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran

Prasida , Maftuchah , Mayangsari. 2017. Pengaruh Penyuluhan Tentang KPSP Terhadap Pengetahuan Guru Di Paud Taman Belia Semarang, STIKes Karya Husada

Rachmawati, Kurniati.2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana

Tedjasaputra, Mayke S, 2013. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Gramedia.

Yamin, M.2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Gaung Persada (GP) Wulandari dan Erawati. 2016. Buku Ajar Keperawatan Anak. Pustaka pelajar. Yogyakarta

Published

2022-05-31

How to Cite

Haryani, S., Astuti, A. P., Minardo, J., & Sari, K. (2022). Implementasi Deteksi Perkembangan Anak Melalui Pelatihan KPSP ( Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) pada Guru TK Islam Nurul Izzah. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 4(1), 69–74. https://doi.org/10.35473/ijce.v4i1.1622