Pelatihan Pijat Bayi Bagi Kader Posyandu Balita Di Kelurahan Genuk Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang

Sundari Sundari, Yulia Nur Khayati

Abstract


Masyarakat seringkali melakukan pijat bayi apabila bayi mereka sedang sakit  saja pada dukun bayi, padahal  pijat  bayi  akan optimal  sebagai  stimulasi  tumbuh  kembang jika  dilakukan  secara  rutin. Kurangnya pengetahuan tentang Pijat bayi membuat kader kesehatan tidak memberikan informasi tentang pijat bayi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan utuk meningkatkan pengetahuan kader Posyandu mengenai pijat bayi  yang akan berpengaruh terhadap keterampilan melakukan pijat bayi.

          Pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan pelatihan pijat bayi pada 17 kader posyandu di kelurahan Genuk diawali dengan Pre Test  untuk mengetahui pengetahuan kader sebelum diberikan materi tentang pijat bayi, kemudian dilanjutkan penyampaian materi pijat bayi  dan diakhiri dengan Post Test. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2019.

          Hasil pengabdian ini adalah setelah diberikna pelatihan pengetahuan kader tentang pijat bayi terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu dari nilai rata-rata 80,82 menjadi 95,25. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan. Pada akhir kegiatan pengabdian ini dilakukan Pendampingan sosialisasi pijat bayi oleh kader kepada peserta kegiatan Posyandu

          Diharapkan kader akan melakukan sosialisasi tentang pijat bayi bagi seluruh masyarakat khususnya yang memiliki bayi atau batita.

 

Kata Kunci : Pelatihan, Pijat bayi, Kader


Full Text:

PDF

References


Niven Neil, (2002). Psikologi Kesehatan. Jakarta : Guasindo

Hariandja, (2013).Pengaruh Pemberian Pijat Bayi Terhadap Motorik Halus Pada Bayi Usia 6-12 Bulan Di Puskesmas Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Marni (2018). Keterampilan Pijat Bayi Pada Kader Posyandu Sebelum dan Setelah Pelatihan. Media Publikasi Penelitian; Volume 16; No 1.

Prananingrum, Ratih dkk (2017).” Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Posyandu Balita Melalui Praktek Pijat Bayi Menuju Balita Sehat. The 6th University Research Colloquium. Universitas Muhammadiyah Magelang

Niven Neil, (2002). Psikologi Kesehatan. Jakarta : Guasindo.

Notoadmodjo.2012. Promosi Kesehatan dan ilmu Perilaku. Jakarta:Rineka Cipta

Robin, Stephen P. ( 2001 ) Perilaku Organisasi Konsep kontroversi, Aplikasi. Jakarta. Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.