Keefektifan Simulasi Kewirausahaan Anak (SIKADI) untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Anak Usia Dini di TK Al Hidayah Semarang

Authors

  • Himmah Taulany Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Simulasi Kewirausahan Anak (SIKADI) di TK Al Hidayah Semarang dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif karena akan melihat keefektifan model SIKADI. Desain uji keefektifan model SIKADI untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak di TK Al Hidayah Semarang adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pendekatan nonparametris melalui uji Two Related Samples Wilcoxon untuk aspek kognitif serta aspek afektif psikomotorik jiwa kewirausahaan anak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kognitif adalah soal-soal SIKADI yang memuat gambar-gambar tentang kewirausahaan, sedangkan aspek afektif psikomotrorik diukur melalui pengamatan dengan lembar observasi Jiwa Kewirausahaan Anak yang memuat nilai-nilai kewirausahaan anak yang akan ditumbuhkembangkan. Simulasi Kewirausahaan Anak Usia Dini (SIKADI) dengan pendekatan mikroekonomi terbukti mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak di TK Al Hidayah Semarang. Berdasarkan perhitungan Test Statistic yang telah dilakukan, ternyata memberikan hasil:  Pvalue  (0,002) < 0,025 maka  H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa SIKADI efektif meningkatkan kemampuan kognitif tentang kewirausahaan pada anak-anak kelompok eksperimen TK Al Hidayah. Aspek afektif psikomotrorik juga menunjukkan hasil yang yang sama yaitu  Pvalue  (0,002) < 0,025 maka  H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa SIKADI efektif  terhadap penumbuhan jiwa kewirausahaan anak-anak kelompok eksperimen TK Al Hidayah untuk aspek afektif psikomotorik. Saran yang dapat diberikan adalah tema dan sub tema kewirausahaan dapat digali lebih lanjut sesuai dengan kearifan lokal serta produk yang menjadi komoditi bagian produksi tidak selalu berbentuk makanan/minuman tetapi bisa juga berupa alat permainan edukatif.

 

Kata kunci: anak usia dini, jiwa kewirausahaan

Author Biography

Himmah Taulany, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Chilhood Education: Preschool through Primary Grades-6th.ed. The United State of America: Pearson.

Hidayah, Choirul. 2014. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Berbasis Tauhid dan Entrepreneurship (Penelitian di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta)â€.Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hilmaniar, U., Nuraini dan Genjik, Bambang. 2012. Pelatihan Kewirausahaan Model Creation of Enterprises Formation of Entrepreneur (CEFE) oleh DISPERINDAGKOP & UKM. Prgogram tudi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura. http: jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/.../484. Diunduh 7 Maret 2018.

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK). Hasil Simposium Nasional Kewirausahaan. Jakarta: Pemerintah RI

Kemdikbud.2010. Materi Pelatihan Kewirausahaan Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta:Kemdikbud.

Morrison, Goeorge.S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Terjemahan. Jakarta:PT Indeks.

Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Praditaliana, Fieka., Tri Nugroho, Ova., dan Syaifulloh, M. Afif. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 7 Yogyakartaâ€. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY. 6(1) April ISSN:1858-4446. http://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/issue/view/621.Diunduh 5 Maret 2018

Dwi Andi Putra, Agus. 2013. “Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Saluran dan Jaringan Distribusi di Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011â€. Skripsi. Universitas Jember Digital Repository. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5305. Diunduh 6 Maret 2018

Rosyana, Dhian Farah.2014. “Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta)â€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandfung:Alfabeta

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yan, Thomas Wing. 2014. “Clarifying the Domain of Educational Entrepreneurship: Implications for Studying Leadership, Innovationand Changeâ€. https://www.ied.edu.hk/apclc/roundtable2010/paper/Clarifying%20Educational%20EntrepreneurshipThomas%20Wing%20Yan%20MAN.Pdf. Diunduh 27 Oktober 2018.

Downloads

Published

2019-01-02

How to Cite

Taulany, H. (2019). Keefektifan Simulasi Kewirausahaan Anak (SIKADI) untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Anak Usia Dini di TK Al Hidayah Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.135

Issue

Section

Articles