MEDIA TABUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

Authors

  • veryawan veryawan rabitah hanum hsb syamsiah z IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.946

Keywords:

Media Tabuka Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Abstract

Keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan anak untuk mengikuti pendidikan selanjutnya. Namun penggunaan media yang kurang tepat dapat menjadi hambatan bagi perkembangan kognitif anak terutama dalam kegiatan berhitung. Penggunaan media tabuka merupakan salah satu pilihan dalam mengingkatkan kemampuan berhitung bagi anak. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 menggunakan media tabuka.  Penelitian tindakan kelas ini memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 Al-Hijrah yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi dan analisis data, yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif yang dapat dilihat dari kemampuan berhitung anak dan data kuantitatif yang telah dihitung dengan rumus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, tingkat kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak masih sangat rendah, setelah dilakukan penelitian kelas siklus I memperoleh 44% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Setelah dilakukan penelitian mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 Al-Hijrah mengalami peningkatan melalui bantuan media tabuka.  

References

Abubakar, Sitti Rahmaniar, Dorce Banne Pabunga, and Emi Rahayu. 2018. “Penggunaan Media Stik Angka Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini.†Prosiding SNPMAT I Tahun 2018 1 (1): 250–58.

Asmariani, Asmariania. 2016. “Konsep Media Pembelajaran Paud.†Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5 (1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di. Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Dirjen PNFI.

Elyana, Luluk, and Abdul Latief. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit Pada Anak Usia Dini.†Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 3 (1): 85–96.

Malapata, Elisa, and Lanny Wijayanigsih. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183.

Masna. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pengenalan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B KB Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015 / 2016.†Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 1 (1).

Suryaningsih, Ni Made Ayu, and Ni Luh Rimpiati. 2018. “Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (2): 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Jakarta: Kencana.

Veryawan, Siti Habsari Pratiwi, and Ubaidillah. 2020. “Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini.†Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2): 112–25.

Zaman, Badru, and Asep Hery Hernawan. 2016. Media Dan Sumber Belajar PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

syamsiah z, veryawan veryawan rabitah hanum hsb. (2021). MEDIA TABUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.946

Issue

Section

Articles