Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan

Authors

  • putri diana nofita sari Universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.980

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Perwiti Tarusan, kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan Kreativitas anak usia dini  di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan, dan evaluasi penilaian Belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan kreativitas anak  usia dini  di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data memakai wawancara, observasi, serta dokumentasi guna mendapatkan hasil yang akurat. Analisis data diadakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan. Teknik keabsahan data memakai teknik triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diadakan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan berjalan kurang efektif karena anak tidak merasakan suasana belajar seperti di sekolah sehingga menyebabkan anak susah untuk diajak belajar di rumah dan anak cepat merasa bosan belajar di rumah. Pada kegiatan pengembangkan kreativitas anak yang dilaksanakan oleh guru bisa terlihat kemampuan anak dalam melakukan kegiatan seperti menggambar, melipat, menempel, kegiatan kolase dan lainnya. Kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemic ini yaitu kurangnya pengalaman guru mengenai pembelajaran jarak jauh sehingga menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik minat anak dalam belajar, kurang memiliki kesiapan dalam memberikan pembelajaran melalui daring terlihat dari tidak adanya pembaharuan rancangan pembelajaran harian, serta guru kesulitan dalam memberikan penilaian kepada anak karena guru hanya menerima hasil akhir tugas bukan dari proses anak mengerjakan tugas.

References

Monica, Ara dan Mayar, F. 2019. Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1217-1221

Ayriza, Y dan Wardani, A. 2021. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Miranda, D. 2016. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol. 1 No. 1 Hal 62

Kurniasari, A, Pribowo, dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Astuti, Yuli. 2020. Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463

Prasetyo, I dan Satrianingrum P. A. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Lestari, Kasihani dan Harun. 2021. Strategi Taman Kanak – Kanak Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi Di Kecematan Nanga Piinoh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diseases (COVID-19). 2020. Jakarta: Kemendikbud.

Morrison, S. 2016. Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5. Jakarta: PT Indeks

Suyadi, dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain pada Anak Usia Dini. Padang: UNP Press

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

M .B, Uno, Hamzah. 2009. Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2015. Penelitian Pendidikan, Jenis Metode Dan Prosedurnya. Jakarta: Penerbit Prenada media Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sujiono dan Nurani, Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

sari, putri diana nofita. (2021). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.980

Issue

Section

Articles