Pengembangan Seni Anak Usia Dini Berbasis Pembelajaran Sentra di Masa New Normal

Authors

  • Nurfaizah Nurfaizah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Na'imah Na'imah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.984

Keywords:

Seni, sentra, Paud, new normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pelaksanaan pembelajaran sentra untuk mengembangkan seni anak usia 5-6 tahun dimasa new normal. Pendidikan seni sangat berkontribusi dalam membantu perkembangan anak usia dini, diantaranya yaitu perkembangan mental, kreativitas, keindahan, emosional, fisik, dan sosial anak usia dini. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, guru menggunakan model pembelajaran sentra sebagai pengembangan seni. Subyek dalam penelitian ini ialah anak kelas B2 dan guru disalah satu sekolah yang berada di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan model pembelajaran sentra yang digunakan untuk mengetahui pengembangan seni. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan teori milles dan hubberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK IT di Bandar Lampung ini sudah melaksanakan pembelajaran sentra dengan baik dan menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan serta dapat membantu anak didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

References

Anhusadar, L. O. (2019). Pengembangan Pembelajaran Seni Berbasis Agama pada Anak Usia Dini. Al Athfaal : Kronik Ilmiah Lembaga Anak Usia Dini, 2(1), 1–11.

Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 29–34.

Arifin, A. K., & Fardana, N. A. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan, 3(3), 188–198.

Ayun, Q. (2020). Pilihan Strategi dalam Pembelajaran yang Efektif di Era New Normal. BDK Surabaya Kementerian Agama RI. https://bdksurabaya.kemenag.go.id/berita/pilihan-stategi-dalam-pembelajaran-yang efektif-di-era-new-normal

Fitriana, E., Rini, R., & Sofia, A. (2018). Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Gusliati, P., & Mayar, F. (2019). Bentuk kegiatan pembelajaran seni rupa di taman kanak-kanak mutiara ananda padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 81–89.

Hermansyah. (2019). Pembelajaran melalui sentra seni dalam mengembangkan kreatifitas anak usia dini. Nur El-Islam, 6(1).

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra , serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054

Khotimah, N. (2012). Pembelajaran Berbasis Anak dalam Pengembangan Bidang Seni (Rupa) di PAUD Batik dan PAUD Sabitul Azmi Sidoarjo. HARMONIA, 12(2), 143–150.

Nurfaizah, & Rahman, M. H. (2020). Inovasi Pengembangan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, II(2), 221–236.

Nurfaizah, & Romlah. (2020). Keberhasilan mengembangkan kemampuan sosial anak dengan teknik modeling. Al Athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6654

Nurfaizah, Yuniatari, & Sukiman. (2021). Evaluasi Kurikulum Dengan Model CIPPO di Lembaga PAUD. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(1).

Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. (2020). Gerak dan Lagu Neurokinestetik ( GELATIK ) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162–171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Prima, E. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Bakat dan Minat Anak Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. IJEC: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.829

Qoriah, T. U. W., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Model Pembelajaran Sentra pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 89–103.

Rahman, M. H., Kencana, R., & Nurfaizah. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini (1st ed.). Edu Publisher.

Rakhmalia, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di POS PAUD Terpadu. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, 1(1), 36–46.

Sasongko, H., & Hartanti, C. D. (2021). Manajemen Kreativitas Pengajaran Musik Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 musik. IJEC: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.830

Sumiyati, Masruri, S., & Maemonah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada Lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575–587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Yusnira. (2015). Pengelolaan Pembelajaran melalui Bermain Pasir Dan Air Pada Sentra Bahan Alam di PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, 1(2), 161–168.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

Nurfaizah, N., & Na’imah, N. (2021). Pengembangan Seni Anak Usia Dini Berbasis Pembelajaran Sentra di Masa New Normal. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 127–140. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.984

Issue

Section

Articles