ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDNKEPUTRAN 06 PEKALONGAN

Authors

  • Rika Fitria Sari Universitas PGRI Semarang
  • M. Yusuf Setya Wardana Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1178

Abstract

Konteks penelitianyang mendorong penelitian ini adalah rendahnya moralgenerasi muda akibat perkembangan IPTEK yang semakin maju sehinggamenimbulkan perubahan sifat atau tingkah laku anak yang dipengaruhi olehtayangan-tayangan film. Tujuan dalam penelitian ini adalah untukmengetahui bagaimana dampak nilai moral dalam film “Rumah TanpaJendelaâ€.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambildata sesuai dengan fakta di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dandisajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelasV SD N Rejosari 02 Semarang. Data yang diperoleh menggunakan tekniksimak catat, angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan.Hasilanalisis menunjukkan bahwa film “Rumah Tanpa Jendela†sangat cocokditontonkan untuk anak usia Sekolah Dasar tetapi harus ada pantauan danbimbingan dari orang tua supaya anak tidak salah tangkap dalam menonton.


KataKunci:Nilai Moral,Film, SekolahDasar

Author Biography

Rika Fitria Sari, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Ampera, T. (2010).Pengajaran Sastra.Bandung: Widya Padjajaran.KBBI.(2011).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Pusat Bahasa

Lado, S.F.., Fadli, Z.A.,Yuliani,R.(2016).Analisis Struktural dan Nilai-Nilai Moral YngTerkandung Dalam Cerpen Ten Made Todoke Karya Yoshida Genjiro. Naskah Publikasi.Semarang: UNDIP. Diunduh 1 Januari 2020.

Lickona, T.(2013).Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi pintar dan Baik.Bandung: Nusa Media.

Moleong, L.J.(2010).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Moleong, Lexy J.(2013).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B.(2010).Sastra Anak.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Sugiyono.(2013).Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:AlfabetaSugiyono.(2017).Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles