NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER PEDULI SOSIAL

Authors

  • DIAN YUSTIKA LARASATI
  • ASEP ARDIYANTO
  • PRASENA ARISYANTO

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1241

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya model pembelajaran serta siswa kurangnya antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Bulakbaru. Hal ini dilatar belakangi karena terbatasnya alat yang digunakan sehingga siswa kelas III kurang antusias saat pembelajaran  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) yang diajarkan oleh guru dengan masih sukanya siswa bicara dengan temannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter peduli sosial yang valid untuk siswa kelasIII Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researchand Development (R&D)   yang dikemukakan oleh sugiyono dengen prosedur pengembangan sampai tahapke lima yaitu revisi desain. Tahapanprosedur pengembangan tersebutyaitu Potendi dan Masalah, PengumpulanInformasi, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dikelas III SD Bulakbaru. Hasil wawancara dan observasi, karena terbatasnya alat dalam proses pembelajaran membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 16 siswa Sekolah Dasar dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). 

 

Kata Kunci:Need Assesment, Model, Aktivitas Jasmani dalam Karakter Peduli Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya model pembelajaran serta siswa kurangnya antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Bulakbaru. Hal ini dilatar belakangi karena terbatasnya alat yang digunakan sehingga siswa kelas III kurang antusias saat pembelajaran  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) yang diajarkan oleh guru dengan masih sukanya siswa bicara dengan temannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter peduli sosial yang valid untuk siswa kelasIII Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researchand Development (R&D)   yang dikemukakan oleh sugiyono dengen prosedur pengembangan sampai tahapke lima yaitu revisi desain. Tahapanprosedur pengembangan tersebutyaitu Potendi dan Masalah, PengumpulanInformasi, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dikelas III SD Bulakbaru. Hasil wawancara dan observasi, karena terbatasnya alat dalam proses pembelajaran membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 16 siswa Sekolah Dasar dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

References

Aqib, Z. & Sujak. (2014). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Vrama Widya

Hanafi, Muh. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. (2015). Metode penulisan pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

________. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta

Published

2021-11-08