ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III B SD NEGERI BANDUNGREJO 01 DEMAK

Authors

  • FAJAR CAHYADI
  • WAHYUNINGRUM WAHYUNINGRUM
  • ANITA CHANDRA DEWI SAGALA

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1244

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kesulitan belajar matematika materi perkalian dan pembagian dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, penggunaan langkah dan proses pemecahan masalah matematika yang keliru, serta siswa mengalami kesulitan dalam perhitungan. Selain itu, kesulitan belajar juga dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

References

Cahyadi. (2014). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kelas IV Kota Semarang. Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahardika, C., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Serta Upaya Menanganinya Pada Siswa Kelas I SDN Banyuajuh 9. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 1-16.

Roebyanto, Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subini. (2015). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: PT Buku Kita.

Published

2021-11-08