KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN

Authors

  • FAJAR CAHYADI
  • EMA DWI SURYANI
  • ANITA CHANDRA DEWI

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1250

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pecahan. Adanya anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 23 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dokumentasi serta untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan soal pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh masih banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami soal pemecahan masalah, menentukan strategi, melakukan perhitungan dan memberikan kesimpulan.

 

Keywords: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, Bilangan Pecahan

References

Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2016). Peningkatan keaktifan dan kemampuan berhitung melalui media puzzle pada anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)

Cahyadi, F., & Purwandari, A. (2014). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kelas IV Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(2).

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.

Dewi, A. C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2).

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD.

Roebyanto, G. & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syafril & Zen, Z. (2017). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana

Published

2021-11-08