PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS IV BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • INDRI RAHMASARI
  • JOKO SULIANTO
  • ARFILIA WIJAYANTI

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1251

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahwa guru hanya menggunakan bahan ajar matematika yang sudah ada yang beberapa kurang memadai tersedianya soal terbuka. Sehingga tingkat  penalaran siswa kurang maksimal. Belum memberikan kesempatan siswa mengembangkan dan menggali kemampuan mereka untuk menyampaikan atau  mencari berbagai ragam jawabannya dalam menjawab pertanyaan. Materi pecahan merupakan materi dengan variasi soal pemecahan masalah yang beragam dan  kompleks, sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan. Untuk itulah materi pecahan dipilih dalam penelitian  ini. Diharapkan dengan pengembangan bahan ajar pada materi pecahan berbasis open ended dapat memberikan manfaat dan dapat mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai serta dapat meningkatkan penalaran siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sendangguwo 01 Kota Semarang. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Maret 2020 sampai dengan Oktober 2020. Subjek penelitian ini adalah guru SDN Sendangguwo 01. Teknik pengumpulan data dihimpun menggunakan teknik non tes  melalui angket dan wawancara.digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan bahan ajar pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan dalam pembelajaran  dan menunjang peneliti untuk mengembangkan bahan ajar pada materi pecahan kelas IV berbasis open ended untuk meningkatkan penalaran siswa di SD Kota Semarang. Pembelajaran open ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk  mendapatkan pengetahuan atau pengalaman  menemukan, menggali, dan memecahkan masalah dengan beragam teknik sehingga meningkatkan penalaran siswa.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Penalaran, Pecahan

References

Amir, A. (2018). Penalaran Matematik Melalui Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(01), 1-18.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 93-102.

Mahmudi, A. (2008, November). Mengembangkan soal terbuka (open-ended problem) dalam pembelajaran matematika. In Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.

Sulianto, J. (2011). Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan open ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1).

Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Pengembangan Model Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(4), 396-403.

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13-22.

Published

2021-11-08