PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PENGAYAAN MONTASE PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • ROFIAN ROFIAN
  • ARI WIDYANINGRUM
  • NITATRI WAHYUNI

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1255

Abstract

Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran SBdP yang melibatkan kreativitas siswa dan pendukung kegiatan literasi sekolah sebagai sumber bahan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media buku pengayaan montase pada pembelajaran SBdP kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (RnD) dengan model pemikiran Borg and Gall. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan berdasarkan analisis data oleh pakar ahli memperoleh rata-rata presentase sebesar 92,46% untuk kelayakan media dan 91,31% untuk kelayakan materi pembelajaran. Perolehan respon guru terhadap keberterimaan media memperoleh presentase di SD Negeri Ukir 01 sebesar 95,58% dan di SD Negeri Ukir 02 sebesar 88,25% Hasil angket respon siswa memperoleh 94,16% di SD Negeri Ukir 01 dan 89,39% di SD Negeri Ukir 02. Media Buku Pengayaan Montase pada pembelajaran SBdP kelas IV Sekolah Dasar telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Buku Pengayaan, Montase, Bahan Ajar

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Muharrar, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase dan Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan SD/MI

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta

Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 140-149.

Published

2021-11-08