PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN LOSARI LOR 03 KABUPATEN BREBES

Authors

  • UMI HANI
  • FERINA AGUSTINI
  • FINE REFFIANE

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1256

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata skor keaktifan akhir lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,5>40,545). Dan hasil rata-rata skor keaktifan akhir dari angket yang diisi oleh orang tua siswa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,454>40). Hasil analisis uji-t diperoleh hasil   sebesar 28,234 dan  sebesar 1,717 yang artinya    yaitu 28,234>1,717. Dan hasil perhtungan uji-t angket orang tua siswa diperoleh  sebesar 24,698 dan  sebesar 1,717, yang artinya    yaitu 24,698>1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran E-Learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes.

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran E-Learning, Media Audio Visual.

References

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta. Media Akademi.

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru), Referensi.

Prawiradilaga, D. S. (2013). Mozaik teknologi Pendidikan: E-learning [Educational Technology]. Jakarta: Kencana Prenada Media.

A'yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27-35.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Rusman, R. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada..

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published

2021-11-08