ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT JAWA TENGAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • NILAM CAHAYA SAVITRI Universitas PGRI Semarang
  • EKA SARI SETIANINGSIH Universitas PGRI Semarang
  • QORIATI MUSHAFANAH Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1517

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk membangun nilai karakter siswa  sekolah dasar melalui cerita rakyat Jawa Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai karakter apa saja yang terkandung dalam kumpulan cerita rakyat Jawa Tengah. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan Miles dan Habbermen. Data penelitian ini diperoleh melalui subyek penelitian diantaranya 3 guru yang meliputi guru kelas III A, III B, IV A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter dalam buku kumpulan cerita rakyat Jawa Tengah yang di antaranya buku pertama berjudul “Kisah Legenda Timun Mas & Roro Jonggrang (Cerita rakyat dari Jawa Tengah)†karangan puput Mugiati yang diterbitkan oleh Karya Gemilang Surabaya, buku kedua berjudul “Ande-Ande Lumut†Karangan Yudhistira Ikranegara yang diterbibtkan oleh Lingkar Media, buku ketiga berjudul “Cerita Rakyat Jawa Tengah 2†karangan Agus Riyadi yang diterbitkan oleh CV. Sinar Cemerlang Abadi, dalam buku cerita rakyat Jawa Tengah dilengkapi dengan gambar berwarna dan menggunakan penulisan font dengan ukuran cukup besar sehingga pembaca tidak merasa kesulitan saat melihat dan membaca. Di dalam 12 judul  cerita Rakyat Jawa Tengah tersebut memuat 18 nilai karakter diantaranya yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin,kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dengan membaca buku cerita rakyat dapat mengajarkan siswa dalam menanamkan nilai karakter tanpa unsur paksaan dan tanpa sadar anak akan meniru tokoh idola dalam cerita yang di anggap baik dan disukainya,  pada saat siswa membaca buku cerita rakyat terdapat nilai karakter baik dalam isi cerita secara tidak langsung dapat menghadirkan sosok tokoh baik yang patut di contoh oleh siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Cerita Rakyat, dan Siswa Sekolah Dasar

References

Daryanto. 2013. Implementasi Pindidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Korrie R., L. 2014. Teknik Menulis Cerita Rakyat. Bandung: Yrama Widya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesa Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles