ANALISIS NILAI KARAKTER PADA FILM “ANAK NEGERI” (FILM MASA KECIL BAPAK GANJAR PRANOWO)

Authors

  • DICKRI TIFANI BADI Universitas PGRI Semarang
  • SUTRISNO SUTRISNO Universitas PGRI Semarang
  • QORIATI MUSHAFANAH Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1521

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumtif anak bangsa dalam penggunaan gawai yang sekarang seakan menjadi kebiasaan umum hingga melupakan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar. Dalam hal ini anak bangsa sudah piawai dalam penggunaan gawai sehingga ada yang berdampak positif dan negatif. Dampak negatif yang diberikan dalam gawai seperti bermain game online pun berpengaruh pada nilai karakter. Sedangkan, dampak positifnya gawai dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran siswa. Film Anak Negeri yang di buat oleh anak bangsa sendiri ini, mengandung 10 nilai karakter yang ada. Pada film ini juga tidak menceritakan karakter yang baik saja melainkan film ini juga terdapat karakter yang tidak baik atau tidak cocok diterapkan untuk anak-anak SD, contoh dalam film ini terdapat adegan Ganjar dan teman-temannya bermain pistol. Namun, film ini juga cocok untuk di tonton siswa SD karena film mengajarkan untuk disiplin serta mengembangkan bakat yang hebat, tangguh, dan militan.  Saat menonton film tersebut disarankan  untuk di dampingi orangtua serta diberikan penjelasan mana saja karakter yang baik dan tidak baik.  Peran penting orangtua dalam melihat perkembangan anak yang sangat pesat itu perlu agar tidak terjebak dalam hal-hal yang dapatmempengaruhi anak bersikap tidak baik. Dalam film ini orangtua memberikan semangat dan motivasi kepada anak terhadap keinginan dan cita-cita. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui nilai  karakter  peduli sosial  pada film Anak Negeri dan pengaruhnya terhadap peserta didik kelas IV SD Negeri Rejamulya 02, Cilacap. Pendekatan  yang dipakai  pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan  untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang diperoleh oleh fenomena yang terjadi dengan menggunakan metode yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa film Anak Negeri mengandung 10 nilai karakter yang ada.

Kata Kunci: analisis, nilai karakter, film

References

Novianti, A., & Mushafanah, Q. (2019). Analisis Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Adiwiyata SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 133-138.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Parandika, R. W., Muhtarom, M., & Sutrisno, S. (2019). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Palebon Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 364-372.6.

Purwanto, M. N. (2019). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kualitatif , Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CitraUmbara.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles