STRATEGI DISKO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI FISIKA

Authors

  • AGUS ARINTONO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1562

Abstract

Pembelajaran fisika secara tradisional dengan metode ceramah, dimana guru lebih banyak aktif (teacher-oriented) sedangkan siswa hanya sebagai pendengar saja menyebabkan siswa cepat lelah dan tidak fokus pada pembelajaran. Ternyata menggunakan strategi disko (diskusi dan kompetisi) dalam pembelajaran fisika SMA bab gerak lurus, dapat meningkatkan semangat belajar seluruh siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan pada mata pelajaran fisika. Jenis metode yang digunakan pada penelitia ini adalah metode tindakan kelas. Pembelajaran dengan strategi disko ternyata mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan perolehan nilai seluruh siswa. Penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus meningkatkan nilai rata-rata aspek pengetahuan dari kondisi awal 73 menjadi 91 pada siklus 1 dan mencapai nilai rata-rata 95 pada siklus 2 dengan ketuntasan 100 % di kedua siklus.
Kata Kunci: diskusi, kompetisi, kinematika gerak 

Author Biography

AGUS ARINTONO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anitah, S. W. (2008), Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Fisher, A. (2009). Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Muijs, D., Reynolds, D., Soetjipto, H. P., & Soetjipto, S. M. (2008). Effective teaching: teori dan aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saco. (2006). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Prestasi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana

Wahyana. (1986). Pengelolaan Pengajaran Fisika. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.

Winataputra, U. S. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles