ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 1-3 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIDKAN DAN KEBUDAYAAN

Authors

  • BAYU ADHI KURNIAWAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • WAWAN PRIYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ASEP ARDIYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1572

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perubahan pembelajaran IPS yang awalnya pembelajaran per mata pelajaran menjadi pembelajaran tematik yang saat mempengaruhi penggunaan buku ajar dan ruang lingkup IPS dan adanya materi pembelajaran yang tumpang tindih dalam pembelajaran tematik di kurikulum 2013.Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelompokan ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kelas IV Pada buku Kemendikbud. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut tentang materi pembelajaran IPS tema 1-3 kelas IV di sekolah dasar pada buku penerbit kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku tematik tema 1-3 kelas IV terbitan Kemendikbud. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil analisis ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kemendikbud kelas IV terbitan kemendikbud menunjukan bahwa materi IPS ada di semua tema dan subtema namun hanya ada di pembelajaran 1 dan 5 saja dan ruang lingkupnya Antropologi dan Geografi.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Buku Tematik, dan, Siswa SD

 

Author Biographies

BAYU ADHI KURNIAWAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

WAWAN PRIYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ASEP ARDIYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dewi. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS Pada Siswa Sekolah Dasarâ€. Premiere Educandum

Hakim, R.A.2017. “Efektivitas Permainan Tradisonal Gobag Sodor Untuk Pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasarâ€. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar

Lubis, M. A, 2018, Pembelajaran Tematik di SD/MI, Samudra Biru: Yogyakarta

Makrifah.2020. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks IPS Tema Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Kelas 4 MI An Nuriyah Kwanyar Bangkalanâ€. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam

Nurbudiyani, Iin.2013. “Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkarayaâ€. Jurnal Anterior

Rohmah, dkk. 2017. “Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Konstektualâ€. Jurnal Pendidikan

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi Revisi, Alfabeta: Bandung

Utami dan Putra. 2017. “Analisis Fakta Pada Muatan IPS Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV SDâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles