ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SD NEGERI SUKOREJO 02 SEMARANG

Authors

  • AWANG BUDI SETYAWAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • IKHA LISTYARINI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • SUKAMTO SUKAMTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1573

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada masa pandemi Covid-19 saat ini, sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh di rumah. Dalam pembelajaran jarak jauh motivasi belajar siswa menjadi rendah. Karena suasana dan sarana tidak sama seperti dengan pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini siswa lebih sering bermain dari pada belajar. Di sini orang tua mempunyai peran penting untuk mendampingi belajar anaknya di rumah. Orang tua menggantikan peran guru dalam mengajari dan mendampingi anak dalam belajar. Keberhasilan pembelajaran ini sangat dipengaruhi kemampuan orang tua masing-masing. Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh di kelas III SD Negeri Sukorejo 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek utama penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa kelas III SDN Sukorejo 02 Semarang. Penelitian ini mengambil sampel 10 siswa beserta orang tuanya, dari jumlah keseluruhan satu kelas 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua siswa dalam menunjang pendidikan anak pada pembelajaran jarak jauh di rumah sangat bagus. hampir semua orang siswa yang diteliti sudah melakukan empat indikator yang menjadi ukuran penelitian. Yaitu membimbing, memperhatikan, memfasilitasi dan memotivasi belajar anak. Sehingga anak yang tadinya kurang termotivasi untuk belajar menjadi termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini,1 saran yang dapat disampaikan adalah dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di rumah. Orang tua perlu membimbing, memperhatikan, memfasilitasi dan memotivasi belajar anak. Supaya anak selalu termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh

Author Biographies

AWANG BUDI SETYAWAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

IKHA LISTYARINI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

SUKAMTO SUKAMTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

ALADOKTER, 2020. “Virus Coronaâ€. https://www.alodokter.com/virus-corona. Diakses 14 Oktober 2020.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan. (2015). Statistik Penelitian Bidang pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta : Parama Publishing. https://forumpenelitian.blogspot.co.id. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Ibrahim, Nurdin. 2005.â€ICT Untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauhâ€. JurnalTeknodik. Juni 2005. Nomor 16: 5-18. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Kemendikbud, 2020 Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISESASE (COVID-19) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. Diakses 14 Oktober 2020

Novindra. 2017. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini. 2(1):61–80.doi:10.19109/ra.v1i1.1526.

Pratiwi K. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang Noor. J. Pujangga. Vol. 1(No 2):75-105.

Rosmalinda D, Zulyant M. 2019. Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. J. GENTALA Pendidik. DASAR. 4(I):64–75.

Ruli E. 2020. Tugas dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. J. Edukasi Nonform. 1(2):143–146

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Susilo Adityo. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol. 7, No. 1, Maret 2020, Hal. 45-67.

Teguh, M. 2015. Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di Yayasan Trampil Indonesia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Kristen Petra, 2015. https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/907. Diakses 14 Okober 2020

Uno, B, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Winingsih, Endang. 2020. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/. Diakses Oktober 2020.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles