ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SD NGADIKERSO II KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • MUHAMAD MANSUR Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • SUKATO SUKATO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • KHUSNUL FAJRIYAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1576

Abstract

Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah berbagai macam kendala pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa sekolah dasar dimasa pandemic di SDN Ngasikerso kecamatan Sumowono. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa saat proses pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini kualitatif metode diskriptif, subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngadikerso II Sumowono, sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumen dan pengisian angket. Pengecekan data dengan cara trigulasi tehnik dan sumber, sedangkan tehnik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh,kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh factor internal dan factor eksternal yeng saling berkaitan, factor internal siswa berkaitan dengan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh, sedangkan factor eksternal berkaitan dengan gangguan yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran, fasilitas penunjang siswa¸metode pembelajaran jarak jauh yang kurang fleksibel sehinga siswa merasa bosan.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar

 

Author Biographies

MUHAMAD MANSUR, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

SUKATO SUKATO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KHUSNUL FAJRIYAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Perss.

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar.2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Polya (1985). Pengertian pemecahan masalah. [Online]. Tersedia: (http://yukberhitung.weebly.com/materi/pengertian pemecahan/masalahmatematika.) Diunduh 11 Oktober 2020.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Susanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.PDF). 11 Oktobe 2016.

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles