ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 4-5 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Authors

  • RIKA KRISANTI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • WAWAN PRIYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ROFIAN ROFIAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1577

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan penyampaian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang mulanya disampaikan dengan mata pelajaran berubah menjadi tematik. Hal ini sangat memengaruhi penggunaan buku ajar. Dalam perubahan ini buku ajar yang digunakan tentunya buku ajar tematik. Buku ajar tematik sendiri ada banyak yang digunakan di sekolah. Akan tetapi, buku ajar tematik terbitan Kemendikbud yang banyak di gunakan sekolah-sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang materi pembelajaran Ilmu Pengetahuaan Sosial (IPS) pada buku ajar tema 4 dan 5 Kelas IV semester I Penerbit Kemendikbud. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa materi pembelajaran Pengetahuan Sosial (IPS) yang disampaikan pada buku ajar tema 4 dan 5 kelas IV semester I terbitan Kemendikbud yaitu mencakup ruang lingkup Ekonomi dan Sejarah. Pada tema 4 ruang lingkupnya adalah Ekonomi dan tema 5 ruang lingkupnya adalah Sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam buku ajar tematik kelas IV tema 4 dan 5 terbitan Kemendikbud terdapat di setiap subtema. Akan tetapi, materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) hanya muncul pada pembelajaran 1 dan 5.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Buku ajar, pembelajaran tematik

Author Biographies

RIKA KRISANTI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

WAWAN PRIYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ROFIAN ROFIAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anjassari, Mita. (2014) “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV – VI SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malangâ€. Skripsi. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Anwar, Muhammad. 2017. Filsafat Pendidikan. Jakarta : PT Aditya Andrebina Agung.

Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya

Febry Fahreza Feni Mila Rosa. 2019 “Pembelajaran IPS Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat.†Jurnal Ilmiah STKIP Bina Bangsa Meulabo. Vol. 10, No. 1.

Harizki Agung Nugroho dan Ishartiwi.2019. “Analisis Perbedaan Pada Kurikulum KTSP Dan Kurikulum 2013 Terhadap Penyesuaian Alokasi Waktu Perminggu Untuk SDLBâ€Jurnal ilmiah Universitas Negeri Jogyakarta. Vol. 3, No.1.

Ibadullah dan Ani. 2017. Pembelajaran Tematik SD/MI: Jawa Timur:Media Grafika

Ima Wahyu Putri Utami dan Arda Purnama Putra. 2017 “Analisis Fakta Pada Muatan IPS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV SD†Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol. 3, No.1.

Listyowati, Ika Sari (2014) “Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Stad Dan PBL Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Wates 01 Semarang†Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Sudin, Ali. 2017. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung : UPI Press

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles