KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MONTASE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN TEMATIK KELAS 3 SD NEGERI KEMIRI 01 BATANG

Authors

  • LAILATUNNISFI LAILATUNNISFI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ROFIAN ROFIAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • DIANA ENDAH HANDAYANI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1580

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan penyampaian pada kegiatan pembelajaran yang masih menggunkan metode ceramah, sedangkan pada kurikulum 2013 pembelajaran harus berpusat kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran Permasalahan yang dikaji adalah apakah penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan tematik pembelajarn 1 sampai 3 kelas 3 SD Negeri Kemiri 01 Batang dan mengatahui keefektifan dari model project based learning tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-expirimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design populasi pada penelitian ini yaiutu kela 3 dengan sampel berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, data yang diperoleh tentang hasil perhitungan rata-rata nilai pretest yaitu 70 dan rata-rata nilai posttest yaitu 90. Dari hasil perhitungan uji t dengan dk=23 dan taraf nyata maka diperoleh nilai 〖 t〗_(tabel ) = 2,068, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t_(hitung )= 5,839. Karena t_hitung > t_tabel yaitu 5,839 > 2,068, maka hipotesis dapat diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan model project based learning berbantu media montase efektif terhadap hasil belajar muatan tematik kelas 3 SD Negeri Kemiri 01 Batang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran dengan menggunakan model project based learning berbantu media montase dapat dijadikan inovatif pembelajaran yang menyenangkan, aktif serta mningkatkan kreativitas peserta didik.

Kata Kunci: project based learning, media montase, muatan tematik

 

Author Biographies

LAILATUNNISFI LAILATUNNISFI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ROFIAN ROFIAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

DIANA ENDAH HANDAYANI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Akbar, Sa’dun. Iffah Qurrotul Febrianti, Satriyani Yuli. Widodo wahyu, Paranimmit. Dan Ferisa, Dina. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ayusari, Novidewi. 2017. Keterampilan Montase. Yogyakarta: Indopublika.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1.

Faroh, Nisrina Nurul. & Setiawan. 2018. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar†dalam Joyful Learning Journal 7 (4).

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruz Media.

Furi, Lani Meita Indah. Handyani, Sri. Maharani, Shinta. 2018. †Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu†dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35 Nomor 1.

Himmatul dan Rofian. Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Pedli Terhadap Makhlk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 5│Nomor 1│Juli 2019│.

Sugiarti, lulut dan Handayani, Diana Endah. 2017. Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) UntukSiswa Kelas III SD/MI. Vol. 4 No. 1, Juni 2017

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarifudin, Albitar septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 5 No 1.

Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dalam Pendidikan Indonesia Vol. 5, No.2.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles