ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM UPIN DAN IPIN EPISODE SEMUA SAYANG OPAH TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK

Authors

  • IKA YONA SAPUTRI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • SINGGIH ADHI PRASETYO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ASEP ARDIYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1583

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah maraknya tayangan telivisi yang beredar di Indonesia, banyak tayangan televisi yang tak layak untuk ditonton anak-anak. Namun apabila tayangan yang dikosumsi anak tidak sesuai tentunya bisa membentuk dampak negatif terhadap pembentukan karakter anak karena anak cenderung mencontoh apa yang dilihatnya. Dan sebaliknya, kalau suatu tayangan mempunyai nilai-nilai positif yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, tentunya akan mempermudah dalam poses pendidikan karakter Salah satu film animasi yang bernilai positif ialah film animasi Upin dan Ipin, produksi Les’ Copaque, Malaysia. Film animasi asal malaysia berkisah mengenai anak kembar bernama Upin dan Ipin yang lucu, polos, cerdas dan juga menggemaskan Tayangan Film animasi Upin dan Ipin sangat digandrungi oleh seluruh kalangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah â€Apa nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kartun Upin-Ipin?†dan “Bagaimana nilai-nilai karakter tersebut berpengaruh terhadap tingkah-laku anak-anak?â€. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam kartun Upin-Ipin dan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai karakter tersebut terhadap tingkah laku anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa nilai karakter kejujuran, tingkah laku, dan tanggung jawab pada film upin dan ipin dapat berpengaruh pada tingkah laku anak. Dibuktikan dengan anak dapat meniru karakter yang ada dalam film upin dan ipin episode semua sayang opah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam serial animasi “Upin dan Ipin†episode Semua Sayang Opah yaitu kejujuran, kerja keras dan tanggung jawab dan nilai karakter yang terdapat pada film upin dan ipin bisa berpengaruh terhadap tingkah laku anak karena memang anak itu sering melihat kartun tersebut dan nilai karakter yang baik bisa perbengaruh karena pada saat menonton anak ditemani orang dewasa yang bisa membimbing dan memberi arahan yang baik kepada anak.

Kata Kunci: nilai karakter, film upin dan ipin, tingkah laku anak

 

Author Biographies

IKA YONA SAPUTRI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

SINGGIH ADHI PRASETYO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ASEP ARDIYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Septyawan, Dony. 2018. "Analisis Film Upin dan Ipin dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial". Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas PGRI.

Nahwati, Evi. 2018. "Pengaruh Tayangan Spongebob Squarepants GTV terhadap Perkembangan Pola Pikir dan Perilaku Anak SD Negeri Kebun Bunga 9 Banjarmasin". Jurnal Ilmu Sosial dan Politik.

Arief, Ansori. 2019. “Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Rebana Di Sdn Kendalâ€. Diss. Stkip Pgri Pacitan.

Sugiarto, Eko. 2017. "Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media". Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Manora, Regina Elsa, Brigitta Erlita Tri Anggadewi, dan Laurensia Aptik Evanjeli. 2020. "Penerapan Penataan Kelas Yang Ramah Anak Di Sekolah Dasar Inklusi: Studi Deskriptif". Jurnal Pendidikan Bela Negara.

Wuryandani. 2018. "Analisis Nilai-nilai Karakter pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar". Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Dony, Fahlepi Roma. 2017. "Perilaku Penggunaan Media Sosial pada Kalangan Remaja". Indonesian Journal on Software Engineering.

Halawa, Wahana ES, dkk. 2020. "Analisis Gambar Ilustrasi Hombo Batu Nias Gunungsitoli". Gorga: Jurnal Seni Rupa 9.1: 193-203.

Bagong, Suyanto dan Sutinah.2006. Metode Penelitian Sosial Berbagai. Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles