Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V SDN Gunungpati 02

Authors

  • Diah Ayu Rahmawatiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.934

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan peserta didik yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan matematika materi pecahan. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunungpati 02 Semarang dengan subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik. Prosedur analisis kesalahan peserta didik yang digunakan adalah Prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca sebanyak 16 kali dengan presentase 11,11% dalam kategori kesalahan rendah, kesalahan memahami masalah adalah sebanyak 30 kali dengan presentase 20,83% dalam kategori kesalahan rendah, kesalahan transformasi adalah sejumlah 80 kali dengan presentase 55,56% dalam kategori kesalahan sangat tinggi, kesalahan proses perhitungan adalah sejumlah 36 kali dengan presentase 25,00% dalam kategori kesalahan cukup tinggi, dan kesalahan penarikan kesimpulan adalah sebanyak 78 kali dengan presentase 54,17% dalam kategori kesalahan tinggi.

Keywords:  

Error Analysis, fractional matter, Newman Procedure

 

References

Ayuningtyas, M., W., & Sukamto. (2018, September). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.

Badriyah, N., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10-15.

Fadilah, A. R., Subekti, E. E., & Suyitno, S. (2018, July). KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA RODA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SDN KOPEK GODONG GROBOGAN. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newmans error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradikma, 8(01), 37-51.

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Undang-undang No. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles