Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang

Authors

  • Harfiani Julia Astutik Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dari program pemerintah terkait dengan penguatan pendidikan karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas terutama kelas V dan VI, dan siswa kelas V dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat implementasi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan siswa, diperkuat dengan hasil angket yang menunjukan empat nilai utama karakter dikriteriakan membudaya menunjukkan pelaksanaan penanaman nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Serta hasil observasi oleh peneliti yang mendukung dua metode lainnya. Adanya pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah baik dilaksanakan oleh guru maupun siswa. Program sekolah mendukung adanya penguatan pendidikan karakter. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran, ekstrakulikuler, dan kegiatan sekolah lainnya.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peserta Didik

Author Biographies

Harfiani Julia Astutik, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Eka Sari Setianingsih, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

Amirulloh.2015.Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga.Bandung : Alfabeta

Damayanti, F., Setianingsih, E. S., & Wakhyudin, H. 2019. Analisis Pelaksanaan Program PPK Melalui Kegiatan Tadarus Dalam Mengembangkan Nilai Religius. Jurnal For Lesson and Learning Studies, 2(2), 250-257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/19150. (diakses pada tanggal 1 Agustus 2020)

Darmiatun,Daryanto Suryanti dan Bintoro.2013.Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta : Dava Media.

Hidayatullah,M.Furqon.2010.Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa.Surakarta.:Yuma Pustaka

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Majid,Abdul.2011.Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung.: PT Remaja Rosdakarya

Perpres 2017 No. 87 Pasal 3, Penguatan Pendidikan Karakter

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles