Penerapan Flashcard Kipas Anak Pendidikan Seks Anak Usia Dini Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu

Authors

  • Chairunnisa Minarni Alamsyah Universitas Padjadjaran
  • Mieke Hemiawati Satari Universitas Padjadjaran
  • Anita Rahmawati Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijm.v4i2.776

Abstract

Childhood sex education is the process of giving an understanding to the child about his body condition, the opposite sex and understanding how to avoid sexual violence. Knowledge and attitudes of parents about early childhood sex education will influence parenting life. Flashcard KIPAS Anak (Instant Sex Education Card for Children) can be used as a means to convey messages widely to mothers.  This study aimed to determine the effectiveness of flashcard in improving mother's knowledge and attitudes on early childhood sex education. The study used quasi-experimental one group pre-test and post-test design with the intervention using flashcard. Samples in this study were 65 of mothers who have preschool children aged 4-6 years and sampling by simple random sampling. The instrument was a knowledge and attitude questionnaire. Flashcard is validated by 1 media expert and 1 psychologist. The Wilcoxon test, there was a significant difference in mother’s knowledge and attitude on sex education of preschool children after intervention using flashcard (p value <0.001 and p<0.001). There is no significant increase of knowledge on the characteristics of age and education of mothers. Significant increasing knowledge on maternal employment with p<0,05. The correlation between attitude and age, occupation and education there were no significant differences. There was a significant increase in the knowledge and attitudes of mothers regarding early childhood sex education after the use of flashcard (KIPAS Anak).

 

Abstrak

Pendidikan seks anak usia dini adalah proses memberikan pemahaman kepada anak tentang kondisi tubuhnya, lawan jenis, dan memahami cara menghindari kekerasan seksual. Pengetahuan dan sikap orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini akan mempengaruhi pola asuh dalam kehidupan sehari-hari. Flashcard KIPAS Anak (Kartu Pendidikan Seks Instan Anak) dapat digunakan sebagai sarana penyampaian pesan kepada para ibu secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan flashcard dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang pendidikan seks anak usia dini. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental one group pre-test dan post-test design dengan perlakuan menggunakan flashcard. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 ibu yang memiliki anak prasekolah usia 4-6 tahun dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan sikap. Flashcard divalidasi oleh 1 ahli media dan 1 psikolog. Uji statistik menggunakan Wilcoxon, terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan sikap ibu tentang pendidikan seks anak usia dini setelah perlakuan menggunakan flashcard (p value <0.001 dan p <0.001). Tidak ada peningkatan pengetahuan yang signifikan pada variabel karakteristik usia dan pendidikan ibu. Peningkatan pengetahuan yang signifikan terjadi pada variabel pekerjaan ibu dengan p <0,05. Hubungan antara sikap dan usia, pekerjaan dan pendidikan ibu tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Terdapat peningkatan yang signifikan pada pengetahuan dan sikap ibu tentang pendidikan seks anak usia dini setelah penggunaan flashcard (KIPAS Anak).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, R., (2016). Metode Drill Bermedia Flash Card Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Tunagrahita. Journal of Health Education , Volume 1, p. 1.

Arsyad, A., (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Budiman, R., 2013. Kapita Selekta Kuisioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika .

Camelia, N., (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume I, p. 1.

Firman F Wirakusumah, M. H. S.,(2011). Konsistensi Penelitian dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Refika Aditama.

Jatmikowati TE Angin R, E.,(2015). Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Cakrawala Pendidikan, Volume 3, p. 34.

Justicia, R., (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, Volume 2, p. 1.

Kursistin, P., (2016). Studi Deskriptif Mengenai Pendidikan Seks Pada Anak. INSIGHT, 2(20), p. 12.

Maisje Marlyn K, H. P. N. N., (2013). The Effectiveness of Flashcards and Word Cards in Improving Knowledge and Attitudes Worms; in the Elementary School Children. Jurnal Riset Kesehatan, II(1), pp. 247-56.

Manivasakan J, S. S., (2014). Sexual health education- is it still a taboo? A survey from an urban school in Puducherry. International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics and Gynecology, Volume III, p. 1.

Muhsinin, U., (2017). Peran Ibu dalam Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak dalam Perspektif Islam. Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, Volume II, p. 1.

Muthmainnah (2012). Peran Orangg Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1.

Nasrun, N. N., (2016). The Effectiveness of Touch / Don’t Touch Technique to Improving the Understanding of Sexual Abuse Prevention for Primary School Students Number 060885 in Medan City. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, Volume 1, p. 5.

Noeratih, (2016). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Untuk Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Deskriptif di Dessa Wanakarya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon Jawa Barat) Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo, S., (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S., (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta .

Nugraha, B. D., (2014). Kata Pengantar Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim. Dalam: Yudi, editor. Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim. Jakarta: Zahra Publishing House.

Pipitcahyani, S. C., (2017). The Effectiveness Of "Flash Card" In Improving Mothers’ Knowledge On Pregnancy. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Health. s.l., s.n.

Santoso A, D. M. K. A., (2018). Santoso A, Devi M, Kurniawan A. Peningkatan Pengetahuan Siswa Mengenai Jajanan Sehat Menggunakan Media Minicard. . 2018.. Jurnal Preventia.

Sinor, M., (2011). Comparison between Conventional Health Promotion and Use of Cartoon Animation in Delivering Oral Health Education. International Journal of Humanities and Social Science, Volume I, p. 3.

Solso, R. L., (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta : Erlangga .

UNICEF, (2004). Bagian 1 Hak Anak Atas Perlindungan. Swiss : UNICEF IPU.

UNICEF, (2017). A Familiar Face: Violence in the lives of children and adolescents. New York : s.n.

WHO, (2014). Global Status Report On Violence Prevention 2014. Luxemburg: s.n.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Alamsyah, C. M., Satari, M. H., & Rahmawati, A. (2021). Penerapan Flashcard Kipas Anak Pendidikan Seks Anak Usia Dini Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 4(2), 76–83. https://doi.org/10.35473/ijm.v4i2.776