Hubungan Kompensasi Non Finansial dengan Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan di RSK Ngesti Waluyo

Authors

  • Dwi Hendra Pratiwi Universitas Ngudi Waluyo
  • Mona Saparwati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.6

Abstract

Motivasi dibutuhkan perawat guna memberikan pelayanan kesehatan khususnya asuhan   keperawatan   yang   komprehensif.   Motivasi   eksternal   terdiri   dari konpensasi finansial dan non finansial. Salah satu motivasi perawat dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah mendapatkan pengakuan kenaikan jenjang pendidikan. Pengakuan jenjang pendidikan merupakan bentuk kompensasi non finansial yang diharapkan juga akan meningkatkan kompensasi finansial perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompensasi non finansial dengan motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di RSK Ngesti Waluyo. Desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel 116 perawat diambil dengan metode simple random sampling.   Instrumen   penelitian   dengan   menggunakan   kuesioner.   Analisis Univariat menggunakan uji statistik deskriptif untuk mengetahui distribusi frekuensi  variabel  kompensasi  non  finansial  dan  variabel  motivasi.  Analisis bivariat  menggunakan  uji  korelasi  Spearmans.  Gambaran  kompensasi  non finansial sebagian besar dalam kategori cukup baik yaitu 72 orang (62,1%). Gambaran motivasi pendidikan sebagian besar dalam kategori rendah yaitu 59 orang (50,9%), hasil uji statistik korelasi spearman yaitu   p value adalah 0,000 dan  Correlation  Coefficient  (koefisien korelasi)  sebesar 0,338.  Ada hubungan kompensasi non finansial dengan motivasi perawat melanjutkan pendidikan di RSK Ngesti Waluyo. Manajemen RSK Ngesti Waluyo Parakan Temanggung hendaknya memperhatikan faktor kompensasi non finansial, yaitu dengan memperbaiki kondisi kerja dan menerapkan kebijakan yang lebih baik terutama dalam hal pendidikan bagi perawat agar motivasi kerja yang dimiliki oleh perawat semakin tinggi dan tentu akan meningkatkan kinerja perawat di Rumah Sakit.

Author Biographies

Dwi Hendra Pratiwi, Universitas Ngudi Waluyo

Fakultas Keperawatan

Mona Saparwati, Universitas Ngudi Waluyo

Fakultas Keperawatan

References

Aprilia, M. G. (2015). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non-Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Freight Express Surabaya. Skripsi. Surabaya. FIM. Universitas Kristen Petra.

Cahyani, I. D. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan MotivasiKerja Pada Perawat Rumah Sakit Jiwa Bulan April 2016. Skripsi. Semarang: FKM UNDIP.

Dessler, Gary. (2009). Manajemen Sumber

Daya Manusia, jilid 2. Jakarta

Eduard, N. M. (2015). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Motivasi Kerja Customer Service Grapari Telkomsel Cabang Pemuda Surabaya. Skripsi. Surabaya: FIE Universitas Narotama Surabaya.

Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan Belas. Yogyakarta: BPFE.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Edisi Revisi Cetakan 10. Jakarta: PT. Rajagranfindo Persada.

Hasibuan, M.S. (2014). Organisasi dan motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayanto, Agung. (2014). Pengaruh

Kompensasi Finansial Dan Non-

Finansial Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan Mei 2014. Skripsi. Malang: FIA UNBRA.

Irwanto, dkk. 2007. Psikologi Umum: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Iswajidi., Mattalatta., & Abdullah,R. (2016).Pengaruh Dukungan Pimpinan, Pengembangan Karir Dan Kompensasi terhadap Motivasi Perawat Dalam Melanjutkan Pendidikan Keperawatn Di RSUD Salewangang Maros Oktober

Tesis.Makasar.STIE AMKOP. Kinasih, C. P. (2014). Pengaruh Kompensasi

Langsung Dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Juli 2014.Skripsi. Malang. FIA UNBRA.

Kodim, Y. (2015). Konsep Dasar

Keperawatan . Jakarta: TIM. Kusnanto. (2014). Profesi dan Praktik

Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.

Lapau, B. (2013). Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakrta: Yayasan Obor Indonesia.

Manik, Sudarmin. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kompensasi Pada Karyawan Bank Bulan Juli-Desember 2016. Skripsi. Riau: STIE Riau.

Manurung, N. S. (2011). Buku Ajar Keperawatan Maternitas Asuhan Keperawatan Intranatal . Jakarta: Trans Infomedia.

Muchlas, Makmuri. (2008).Perilaku Organisasi.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

Muhammad,N., Uda, Tonich., & Alexandro,R. (2016). Persepsi

Karyawan Terhadap Pemberian Kompensasi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangkaraya. Skripsi.FKIP Universitas Palangka Raya.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Potter and Perry. (2012). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik Edisi 4. Jakarta: EGC.

Rahmawati, O., Komarudin., & Angraeni, Z.E.Y. (2014).Hubungan Dukungan Pimpinan Dengan Motivasi Perawat Untuk Melanjutkan Pendidikan Keperawatan Di Puskesmas Wilayah Kecamatan Puger Kabupaten Jember Mei 2014. Skripsi.Jember.FIK UNMUH.

Rakhmat, Jalaludin. (2013). Psikologi Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Robbins,S.P.(2008).Perilaku Organisasi.Indonesia: Konsep Kontroversi,Aplikasi, Alih Bahasa : Hadayana Pujatmaka. Jakarta : Prehalindo.

Sandi, Ery. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan Sarjana Keperawatan Di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak. Skripsi. Kalimantan Barat: FIK Universitas Tanjungpura.

Siagian, S. P., (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Kedua Puluh Tiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Penerbitan STIE YKPN.

Stevens, P., Bordui, F., & Weyde, J. V. (2012). Ilmu Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supriyanti. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Keperawatan Di Rumah Sakit Islam Surakarta Bulan Juni 2015. Skripsi. Semarang: FIK UMS.

Downloads

Published

2018-07-30

How to Cite

Pratiwi, D. H., & Saparwati, M. (2018). Hubungan Kompensasi Non Finansial dengan Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan di RSK Ngesti Waluyo. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 1(1). https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.6

Issue

Section

Articles