Analisis Sildenafil Sitrat dalam jamu kuat dengan metode Spektrofotometri UV-Vis

Authors

  • Ricky Elsan Universitas Ngudi Waluyo
  • Tri Minarsih

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijpnp.v5i1.1569

Keywords:

Sildenafil citrat, Aphrodisiac, Wavelength, Spectrophotometry UV-Vis

Abstract

Sildenafil sitrat adalah obat untuk meningkatkan daya seksual dan memperlancar aliran darah ke lingga (bagian reproduksi pria). Penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan keracunan. Senyawa ini di duga kuat dicampurkan dalam jamu kuat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa secara kualitatif dan kuantitatif kandungan sildenafil sitrat dalam jamu kuat.

Pada penelitian ini, dilakukan analisis pada 5 sampel jamu kuat. Sampel diambil secara purposive sampling. Analisis BKO sildenafil sitrat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode spektrofotometeri UV-Vis

Berdasarkan hasil analisis kualitatif dengan metode spektrofotometri UV-Vis, didapatkan bahwa sampel jamu kuat A, B, dan E mempunyai spektrum panjang gelombang yang hampir sama dengan baku sildenafil sitrat dengan λmax : 291 nm. Dari hasil analisis kuantitatif persamaan kurva kalibrasi yang diperoleh dari penelitian adalah y = bx+a dengan nilai b sebesar 0,0214, a sebesar 0,0037, dan R2 sebesar 0,9978. Dari hasil analisis kualitatif dan kuantitatif didapatkan 3 sampel jamu yang mengandung Sildenafil sitrat yaitu sampel A, B dan E dengan kadar masing-masing sebesar 0,53%, 0.23% dan 0,15%.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles