ANALISIS KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KREATIVITAS SAINS TERHADAP SIKAP SKEPTIS DAN PERCAYA DIRI

Authors

  • Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah Universitas Ngudi Waluyo
  • Desty Putri Hanifah

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v1i1.18

Abstract

Penelitian  ini  termasuk penelitian lanjutan yang bertujuan  untuk  mengetahui tingkat kemampuan menganalisa, kreativitas, sikap skeptis, dan percaya diri sekaligus pengaruh masing-masing variabel satu sama lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan  teknik  analisis  jalur  (path  analysis). Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu kemampuan menganalisa, kreativitas sains, sikap skeptis, dan percaya diri. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Ngudi Waluyo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dalam waktu 5 bulan. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  mahasiswa  baru Universitas  Ngudi Waluyo. Pengambilan sampel sebanyak 36 mahasiswa dari jurusan PGSD dan TI dilakukan menggunakan random sampling. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menganalisa tidak memberikan pengaruh terhadap kreativitas sains maupun sikap skeptis dan percaya diri. Demikian pula kreativitas sains tidak memberikan pengaruh terhadap sikap skeptis dan percaya diri. Kemampuan menganalisa mahasiswa berada pada tingkatan kurang, sedangkan kreativitas sains masing-masing 50% mahasiswa berada pada tingkatan cukup dan kurang. Sikap percaya diri dipengaruhi oleh sikap skeptis sebanyak 25%. Sikap skeptis mahasiswa mayoritas berada pada tingkatan baik, sedangkan sikap percaya diri mahasiswa didominasi pada tingkatan cukup. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor di luar kemampuan menganalisa dan kreativitas.

Author Biography

Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah, Universitas Ngudi Waluyo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ngudi Waluyo

References

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Ercan, O. 2014. The Effects of Multimedia Learning Material on Student

Fitriawan, D., Eka K. G., & Ivan E. D. 2016. Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 3 (1): 1-11

Hanifah, D. P., Putut M., & Sugiyanto. 2016. Analisis Kemampuan Kognitif, Kreativitas, dan Pemecahan Masalah terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD Kecamatan Temanggung. Journal of Primary Education: 10-20

Harlen, W. 1985. Teaching and Learning Primary Science. London: Harper and.Row Ltd. Henson, K. T., & Janke D. 1984. Elementary Science Methods. New York: Mc.

Graw Hill Book Company Hu, W., & Adey P. 2002. "A Scientific Creativity Test for Secondary School Student". International Journal of Science Education. 24 (4): 389-403

Sandjojo, N. 2014. Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Terjemahan Tri.

Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, C. R. 2010. Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana?. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011a. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono & Joko S. 2016. Keaktifan Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Perkuliahan Kajian Matematika Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY : 517-522.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali.

Press United States Agency for International Development USAID. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran IPA SMP di LPTK. Dalam: www.prioritaspendidikan.org.

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles