Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Banjar Mustika Hening Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati Saptaningrum
  • Kiswoyo Kiswoyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v1i2.44

Abstract

Project  based  learning  merupakan  strategi  pembelajaran yang  inovatif serta  memberi kesempatan peserta didik  berpikir  kritis  dan  mampu  menghasilkan  produk  nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model Project Based Learning berbantu Mind Map dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen berbasis proyek dengan rancangan penelitian pre eksperimental  dengan jenis one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning berbantu mind map memberikan perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung lebih besar dari pada ttabel  (5,720 > 2,023). Penghitungan N-Gain diperoleh 0,42 artinya peningkatan hasil belajar siswa meningkat dalam kategori sedang.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anjarsari, Afianti Dyah. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD Negeri 2 Bulungcangkring. Kudus : Universitas Muria.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Mukra, Rizal dan Nasution, M. Yusuf. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Pelita Pendidikan VOL.4 NO.2. ISSN : 2338 – 3003 Juni 2016 Halaman : 122 – 127.

Munawaroh, Maskuratul. 2010. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas V SDN Seruni 02 Jenggawah. Jember : Universitas Jember.

Oktarinah, Ketang Wiyono, dan Zulherman. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika ISSN: 2355-7109

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegeng, A.Y Ysh. 2016. Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Published

2019-01-14

Issue

Section

Articles