Pembelajaran Matematika Model Tutor Sebaya Dengan Strategi Heuristik Vee

Lisa Virdinarti Putra, Kartika Yuni Purwanti, Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan pembelajaran matematika model Tutor Sebaya dengan strategi Heuristik Vee untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan tahapan: (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran, (2) menguji kevalidan perangkat, (3) menguji kepraktisan perangkat, (4) menguji kefektifan perangkat. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model Plomp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, LKPD, Buku Bahan Ajar dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, (2) ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi; kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model tutor sebaya dengan strategi Heuristik Vee lebih baik dari kelas ekspositori, (3) adanya pengaruh positif antara keaktifan dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Secara lebih rinci dihasilkan rekapitulasi hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata untuk silabus, RPP, Buku Bahan Ajar, LKPD dan TKPM berturut-turut adalah 3,50; 3,50; 3,36; 3,40 dan 3,48. Ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi; kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) ada pengaruh signifikan aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan (4) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afamasaga, K. 2008. Students’ conceptual understanding and critical thinking A case for concept maps and vee-diagrams in mathematics problem solving. International Journal of Teacher Education. 36(9): 48-50. Diunduh 2 November 2016

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Calais, G.J. 2009. The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy : Content Area Reading/Writing Implications. National Forum of Teacher Education. (19)3: 38-50. Diunduh 2 Januari 2017

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Duran, D. 2010. Cooperative Interaction In Peer Tutoring Patterns and Sequences in Paired Writing. Middle Grades Research Journal. 5(1): 47–60. Diunduh 20 Desember 2016

Eskisehir, O. 2009. Constructivist Learning Approach In Science Teaching. Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi Dergisi Journal of Education 37: 24-35 Diunduh 16 Mei 2016

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika UPI. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diunduh 3 Juni 2016

Farozin dan Nurfatiyah. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta

Fudyartanto, Ki RBS. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baur. Yogyakarta: IKIP Guna Darma

Gagnon, G.W. and Collay, M. 2000. Designing For Learning, Six Elements in Contructivist Classrooms. Corwin Press, Inc, California.

Guzel, E.B. and Gunhan, B.C. 2011. Prospective Mathematics Teachers’ Views About Using Computer-Based Instructional Materials in Constructing Mathematical Concepts. IUMPST: The Journal. 3: 28-40. Diunduh 3 Juni 2017

Hamalik, O. 2009. Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosda Karya

Hudojo, H. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Malang:UM Press

_________. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang:UM Press

Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua. 1994. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka

Madden, N.A; Slavin, Robert E.; Simons, Kathlen. 1999. Math Wings: Effect on Student Mathematics Performance. John Hopkins University Report. 24(1): 17-28 Diunduh 3 Juni 2017

Miller, A.D. 2010. Math Peer Tutoring for Students with Specific Learning Disabilities. National Forum of Teacher Education. (20)5: 28-40. (http://www.jstor.org/stable, diunduh 3 Desember 2017)

Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP PRESS

Plomp, T. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Jurnal Kreano Jurusan Matematika FPMIPA UNNES Volume 3 Nomor 1, Juni 2012. Diunduh 7 Mei 2017

Sary, A.N. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor sebaya dan Numbered Heads Together Ditinjau dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1 Maret 2013. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diunduh 27 Mei 2017)

Sawali. 2010. “Diskusi Kelompok Terbimbing Metode Tutor Sebaya.” Jurnal Pendidikan Matematika Mei 2010. (http://sawali.info, diunduh 2 Desember 2016

Siswono, T.Y.E. 2008. “Pengajuan Soal (Problem Posing) Dalam Pembelajaran Geometri di SLTP.” Makalah Seminar Nasional Matematika 2 Nopember 2000. (http://ejournal.unesa.ac.id, diunduh 18 Mei 2016)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI

Sukestiyarno A. 2005. Matematika Sekolah 1. Semarang: FMIPA UNNES.

Topping, K.J. 2011. The effectiveness of peer tutoring in further and higher education: A typology and review of the literature. National Forum of Teacher Education. (4)3: 19-30. Diunduh 3 Desember 2017

Vasay, E.T. 2010. The Effects Of Peer Teaching In The Performance Of Students In Mathematics. E-International Scientific Research Journal ISSN: 2094-1749 Volume: 2 Diunduh 3 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JANACITTA Journal of Primary and CHildren's Education

Department of Primary Teacher Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Dpeartment of Prmary Teacher Education, Faculty of Education and Information Technology

Universitas Ngudi Waluyo

janacitta@unw.ac.id
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta
Whatsapp IDJCH

Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah, M.Pd. (Editor-in-Chief)

+6285727709371

Creative Commons License
JANACITTA Journal of Primary and CHildren's Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.