MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH TANGGA ANGGOTA PKK RT 003 RW 005 KARANG ALIT, SALATIGA

Authors

  • Anisa Dewi Arismaya Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v1i2.1260

Abstract

Keluarga yang memiliki pengelolaan dan perencanaan keuangan yang baik akan merasa lebih aman dan lebih stabil kondisi pemasukan dan pengeluarannya. Terlebih apabila keuangan dikelola oleh ibu rumah tangga. PKK RT 003 RW 005 Karangalit Salatiga merupakan kelompok rutin yang diadakan setiap bulan sekali dan peserta terdiri dari ibu-ibu warga Karang Alit Salatiga berjumlah 7 orang. Ibu-ibu PKK RT 003 RW 005 wilayah Karang Alit Salatiga rata-rata belum memiliki penghasilan sendiri dan menjadi ibu rumah tangga, hanya mengandalkan uang penghasilan dari suami. Memiliki pengetahuan manajemen keuangan bagi ibu rumah tangga perlu diketahui agar ibu-ibu posyandu dapat melakukan manajemen keuangan dengan baik. Manajemen keuangan rumah tangga harus di klasifikasikan berdasarkan prioritas penggunaan seperti dana wajib rutin bulanan hingga dana tidak wajib. Edukasi manajemen keuangan bagi anggota PKK RT 003 RW 005 Karang Alit Salatiga dapat memberikan pengetahuan dalam mengelola keuangan dan memisahkan pos-pos prioritas keuangan hingga dana darurat. Pos pengelolaan keuangan antara lain adalah kebutuhan pokok, tabungan atau investasi, kewajiban, hingga dana darurat

References

Detty, R., & Istiharini. (2013). Pengelolaan Keuangan Keluarga Yang Efektif Bagi Ibu Rumah Tangga Di Daerah Dayeuh Kolot Dan Manggahang, Kabupaten Bandung. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 165–169.

Nofianti, L., & Denziana, A. (2010). Manajemen keuangan keluarga. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial, UIN Suska Riau, 1–12.

Published

2021-12-17

Issue

Section

Articles