MANAT DAN PENELADANAN CERITA SI KANCIL DALAM BUKU KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA YUDHISTIRA IKRANEGARA SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN TEKS FABEL UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Amanul Hikamil Idham, Arisul Ulumuddin, Icuk Prayogi

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini karena masih banyak krisis karakter pada anak atau peserta didik. Dilihat dari masih banyak tidak kejahatan contohnya bullying, pergaulan bebas, porno aksi, pornografi dan masih banyak peserta didik yang kurang atau tidak sopan terhadap orang tua atau guru. Tujan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran Amanat dan nilai-nilai karakter yang terdapat pada cerita kancil yang terdapat dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara serta mendeskripsikan pemanfaatan amanat dan nilai-nilai karakter cerita kancil dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara sebagai muatan pembelajaran teks Fabel untuk peserta didik SMP kelas VII, yang dilatar belakangi oleh pendidikan karakter di SMP (Sekolah Menengah Pertama) dimana merupakan pendidikan yang paling mendasar dalam membangun kepribadian dan karakter seseorang dengan mencontoh dan menerapkan, karena peserta didik SMP terutama kelas VII merupakan tahap awal dalam perkembangan dalam mempelajari hal positif dan membenuk karakter, sehingga materi yang tepat untuk pendidikan karakter bagi peserta didik SMP kelas VII adalah teks fabel. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi pustaka yang dilakukan terhadap dokumen berupa arsip yang berkaitan dengan amanat dan nilai-nilai karakter dari teks fabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan deskripsi data, amanat dan nilai-nilai karakter belandaskan budaya bangsa dapat ditemukan pada cerita kancil yang ada dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara karya Yudhistira Ikranegara, data amanat ditemukan disetiap cerita kancil dan terdapat 22 data nilai karakter berlandaskan budaya bangsa yang ditemukan.


Full Text:

PDF

References


Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2018). Pesan Moral dalam Dongeng Kancil dan Sahabat Karibnya Karya Fatiharifah Dan Nia Yustisia. Jurnal CULTURE (Culture, Language & Literature Review), 5(1)..

Afriyanti, M., Agustina, E., & Canrhas, A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Nasal Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 56-62..

Sumartini, S., & Hapsari, N. R. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 13-22.

Syafutri, H. D., & Hidayati, F. (2016). Fabel sebagai alternatif pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra anak. In Makalah dipresentasikan pada pertemuan seminar nasional sastra anak membangun karakter anak melalui sastra anak. Yogyakarta..

Rahayu, T., Yusuf, Y., & Iskandar, D. (2016). Kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Mengidentifikasi Verba dalam Teks Cerita Fabel. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 57-73..

Nabila, T., Ramli, R., & Muhklis, M. (2017). Analisis Amanat dalam Hikayat Perang Aceh Alih Bahasa Ramli Harun. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 438-450..

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Wibowo, I. S., Budiman, M. A., & Untari, M. F. A. (2018). Analisis Buku Dongeng Si Kancil Karya Tira Ikranegara dalam Peningkatan Nilai Moral. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 199-206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.