PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR KEBAHASAAN TEKS DISKUSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Dariah Dariah SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL

Abstract

Rumusan masalah pada penlitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar menelaah unsur kebahasaan teks diskusi dan bagaimana perubahan sikap perilaku siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Randudongkal melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition). Hasil  belajar menelaah unsur kebahasaan teks diskusi diperoleh rerata kelas pada kondisi awal sebesar 70,6 dengan tingkat ketuntasan klasikal 55%. Pada siklus I, rerata kelas  74 dengan tingkat ketuntasan klasikal  65%. Pada siklus II, rerata kelas  78,6  tingkat ketuntasan klasikal 85%.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Teks Diskusi, dan Model Pembelajaran CIRC.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

(1996). Pedoman Ejaan Bahasa. Jakarta: Indonesia. Pusat Pembinaan dan

Pengembangan Bahasa.

Doyin, M. (2005). Kata Baku Bahasa Indonesia. Semarang: Teras Pustaka.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan

Republik Indonesia. (2014). Bahasa

Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta:

Pusat Kurikulum dan Pembukuan,

Balitbang, Kemdikbud.

Kusumaningrat, H. & Kusumaningrat, P.

(2005). Jurnalistik Teori dan Praktik.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lyman. (2001). Keunggulan Model Pembelajaran CIRC. Http://ghiffard.multiply.

com/Teknik (29 April 2009)

Marsa, A. H. (2009). Mengenal Paragraf. Jakarta: PT. Wangsa Jatra Lestari.

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles