EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA

Authors

  • Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Ariestika Damayani Universitas PGRI Semarang

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Bapak Rizky Aulia, S.Pd., Guru Bahasa Inggris kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara , beliau mengatakan bahwa pembelajaran daring menggunakan media online memiliki pengaruh terhadap keefektifitasan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Fokus Penelitian ini adalah apakah pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara sudah berjalan efektif? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bahasa Inggris Kelas IV, Orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi. Wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media online pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Pengkol berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dari pencapaian keefektifan pembelajaran yaitu 1) Daftar nilai yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang diatas KKM 2) RPP dan Silabus berhasil di implementasikan dalah kegiatan belajar mengajar 3) Metode,Model dan Pendekatan yang berhasil diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar 4) Media Pembelajaran berupa video yang bersumber dari Youtube berhasil membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Innggris sebaiknya peserta didik mulai berdaptasi dengan proses pembelajaran daring, peserta didik mulai beradaptasi belajar menggunakan smartphone atau laptop untuk proses belajar mengajar dan mulai beradaptasi dengan materi pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan guru

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Mutia, I., & LEONARD, L. (2015). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakary.

Putra, M. (2020). Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D . Bandung: PT Alfabet.

Worldometers. (2020). Indonesia Population. Accessed from https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia/ on June 26th, 2021

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles