PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS TEMA 5 SUBTEMA 1 SISWA KELAS III SDN 3 RINGINPITU KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Gurit Andriyanto Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini sesuai pada hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas III sekolah dasar, didapatkan permasalahan yaitu guru merasa kesulitan membuat media pembelajaran yang menarik bagi anak terutama media pembelajaran berbasis kontekstual yang menarik. Selama ini dalam proses pembelajaran, siswa belum bisa menangkap materi dengan jelas. Hal tersebut disebabkan kurangnya sumber belajar dan media yang relevan, sehingga materi yang diterima siswa masih bersifat abstrak. Oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan adanya media yang menarik, salah satunya dengan mengembangkan media kotak kartu misterius kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan ketersediaan media pembelajaran di sekolah dasar saat ini, 2) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media kotak kartu misterius pada tema 5 subtema 1 kelas III SDN 3 Ringinpitu, 3) Mendeskripsikan hasil kelayakan media kotak kartu misterius pada tema 5 subtema 1 kelas III SDN 3 Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 3 Ringinpitu berjumlah 15 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket analisis kebutuhan dan siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan intrumen validator ahli media dan ahli media, lembar penilaian guru dan lembar tanggapan siswa. Berdasarkan hasil validasi angket ketiga ahli materi menunjukan rata-rata presentase 96,6% dengan kategori “sangat baikâ€. Sedangkan hasil dari ketiga ahli media menunjukkan rata-rata presentase 94% dengan kategori “sangat baikâ€. Hasil angket penilaian ketiga guru kelas III mendapatkan rata-rata presentase 96,6% dan angket tanggapan siswa yang berjumlah 15 menunjukan presentase 98,6% dengan kategori “sangat baikâ€. Hal ini dapat disimpulkan bahawa media kotak kartu misterius yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik†dan “sangat layak†untuk digunakan dalam pembelajaran tematik kelas III tema 5 cuaca subtema 1.

Keywords: Media Pembelajaran, Media Kotak Kartu Misterius, RnD

References

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2011). Model Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Masjid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maslikan, M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Bola Volly di Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. PEKA, 5(2), 178-187..

Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudjana, R. (1992). Manfaat Media Pengajaran.Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ulfa, N. M., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Pengaruh NHT Berbantu Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Sinektik, 2(2), 212-222.

Published

2022-05-01

Issue

Section

Articles