Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Kehamilan : Literatur Review

Authors

  • Titik Nor Hidayah Universitas Ngudi Waluyo
  • Luvi Dian Afriyani Universitas Ngudi Waluyo
  • Nawang Retno Pratiwi Universitas Ngudi Waluyo
  • Renita Sasmita Purdianti Universitas Ngudi Waluyo
  • Veni Liana Universitas Ngudi Waluyo
  • Susanti Susanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Wahyu Retno Andaeni Universitas Ngudi Waluyo
  • Liana Oktapiana Universitas Ngudi Waluyo
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Juli Fitri Universitas Ngudi Waluyo
  • Nila Apriliani Universitas Ngudi Waluyo
  • Tania Oksa Paramitha Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Pregnant women who suffer from anemia can have a negative impact on the health of the mother and baby born so that it can increase the maternal mortality rate (MMR) and infant mortality rate (IMR). Anemia in pregnancy is anemia due to iron deficiency, iron deficiency anemia in pregnant women is a health problem experienced by women throughout the world, especially in developing countries. This literature review is a literature study of various references, namely research articles or journals, annual reports and supporting data on factors that cause anemia in pregnant women published in the last 6 years start from 2016-2021. The search was carried out using the electronic references library. namely from Google Scholar and media research with related keywords, such as influencing factors, anemia, pregnant women. After the screening process was carried out based on the specified inclusion criteria, 3 articles were obtained to be studied. Based on the results of the literature review, it can be seen that the factors that can cause anemia in pregnant women are age, education, lack of knowledge, adherence to taking Fe tablets, parity and pregnancy spacing.


Abstrak
Ibu hamil yang menderita anemia dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan ibu maupun bayi yang dilahirkan sehingga dapat meningkatkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Anemia pada kehamilan adalah anemia karena kekurangan zat besi, anemia defisiensi besi pada wanita hamil merupakan problema kesehatan yang dialami oleh wanita diseluruh dunia terutama dinegara berkembang. Literature review iniadalah studi literalur berbagai referensi, yaitu artikel atau jurnal renelitian, annual report dan data-data yang mendukung dengan faktor yang menyebabkan kejadian anemia pada ibu hamil yang diterbitkan 6 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021. Pencarian dilakukan menggunakan electronic references library yaitu dari google scholar dan media neliti dengan kata kunci yang terkait, seperti faktor yang mempengaruhi, anemia, ibu hamil. Setelah dilakukan proses skrining berdasarkan kriteria inklusi yang ditetapkan, maka diperoleh 3 artikel yang akan ditelaah. Berdasarkan hasil literature review dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil adalah umur, pendidikan, pengetahuan kurang, kepatuhan minum tablet Fe, paritas dan jarak kehamilan.

References

Anggraini, P. D. (2018). Faktor–faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pinang tahun 2018. Jurnal Kebidanan, 7(15), 33-38.

Astuti, D. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Undaan Lor Kabupaten Kudus. In The 3rd University Research Colloquium (Vol. 2016).

Yuliska P., & Vera, Y., (2020). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Bukit Sangkal Palembang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan.Vol. 10. No 19 (2020).

Sjahriani, T., & Faridah, V. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Jurnal Kebidanan, 5(2), 106-115.

Wasfaed, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Penyakit Anemia Pada Ibu Hamil Usia Kehamilan 1-3 Bulan Diwilayah Kerja Puskesmas Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1. No.2 Juli 2020.

Published

2021-12-16