Efektivitas Pijat Oketani Terhadap Pencegahan dan Penanganan Bendungan ASI pada Ibu Postpartum Review Jurnal

Authors

  • Indah Widyastuti
  • Luvi Dian Afriyani
  • Ayu Lestari
  • Aurelia Bukifan
  • Mega Wahyu
  • Alif'fah Setiyana Putri
  • Ameliana Friskia Rahmadini
  • Christania Rambu Loba Hawa
  • Faidatul Choifin
  • Krismonita Krismonita
  • Maria Skolastika Kobesi

Keywords:

Oketani Massage, Breast Milk Dam, Breast Milk Production

Abstract

Failure in the breastfeeding process often occurs because of several problems that arise in post partum mothers, including the lack of smooth milk found in cases of breast milk dams. Dam ASI (Breast Engagement) is caused by increased venous outflow of lymph in the breast which causes a feeling of fever, swelling, and hardening. One of the treatments that can be done to fix the problem and facilitate milk production is with oketani massage. Oketani massage can stimulate the strength of the pectoralis muscle to increase milk production and help the consistency of the breast to become elastic and reduce the incidence of breast milk damming in breastfeeding mothers. The purpose of this study was to examine the effectiveness of oketani massage in the prevention and treatment of postpartum mothers who experience breast milk damming and in increasing milk production. The method in writing this article is some of the literature contained in the database of health journals, namely Lancet, Pubmed, Science Direct, Google Scholar and Springer. The selected articles are based on full text, open access, in English and Indonesian and published in the last 10 years (2011 – 2021). The results of the literature review that have been described, all articles explaining the results of the study indicate that there is a significant effectiveness of giving oketani massage to the prevention and treatment of breast milk dams in postpartum mothers and helps in facilitating breast milk production. The conclusion of this study is that Oketani massage is effective in reducing the incidence of breast milk dams in postpartum mothers and facilitating breast milk production.

Abstrak
Kegagalan dalam proses menyusui sering terjadi oleh karena beberapa masalah yang timbul pada ibu post partum antara lain kurang lancarnya air susu yang terdapat pada kasus bendungan ASI pada payudara. Bendungan ASI (Breast Engagement) disebabkan oleh peningkatan aliran vena dari limfe pada payudara yang menimbulkan rasa demam, kemerahan, bengkak dan mengeras. Salah satu treatment yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah dan memperlancar pruduksi ASI yaitu dengan pijat oketani. Pijat oketani dapat memberikan stimulasi kekuatan otot pectoralis untuk meningkatkan produksi ASI dan membantu konsistensi payudara menjadi elastis serta menurunkan kejadian bendungan ASI pada ibu menyusui. Tujuan penelitian ini untuk menelaah keefektifan pijat oketani dalam pencegahan dan penanganan pada ibu postpartum yang mengalami bendungan ASI serta dalam meningkatkatkan produksi ASI. Metode dalam penulisan artikel ini adalah tinjauan literatur yang terdapat dalam database jurnal kesehatan yaitu Lancet, Pubmed, Science Direct, Google Scholar dan Springer. Artikel yang terpilih berdasarkan full text, open acces, berbahasa Inggris dan Indonesia dan terbit dalam 10 tahun terakhir (2011 – 2021). Hasil literature review yang telah dipaparkan, semua artikel menjelaskan hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya efektifitas yang signifikan dari pemberian pijat oketani terhadap pencegahan dan penanganan bendungan ASI pada ibu post partum serta membantu dalam memperlancar produksi ASI. Kesimpulan dari penelitian ini Pijat Oketani efektif dalam menurunkan kejadian bendungan ASI pada ibu postpartum dan memperlancar produksi ASI.

References

Anggraini, Yetti. (2010). Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Pustaka Rihama

Hia T.K., dkk. (2020). Efektivitas Pijat Oketani Terhadap Pencegahan Bendungan ASI Pada Ibu Post Partum dan Post Seksi Sesarea. Medan : Jurnal Ilmiah Pannmed.

Jama F., Suhermi. (2019). Efektivitas Pijat Oketani Terhadap Bendungan ASI Pada Ibu Post Partum DI rsb. Masyita Makasar. Makasar : Jurnal Of Islamic Nursing.

Kusumastuti, Qomar, U. L., & Pratiwi. (2018). Efektivitas Pijat Oketani terhadap Pencegahan Bendungan Asi pada Ibu Postpartum. Urecol, 271- 277

Machmudah. (2017). Sukses Menyusui dengan Pijat Oketani. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 221-225.

Marmi. (2011). Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Prawirohardjo, S. (2011). Ilmu Kebidanan. Jakatra: Bina Pustaka.

Rukiyah, & dkk. (2010). Asuhan Kebidanan III Nifas. Jakarta: Trans Info Media.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8362827/

Published

2021-12-22