Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi
Abstract
Kegiatan pembelajaran di masa pandemic guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif terutama untuk jenjang Pendidikan anak usia dini. Guru harus lebih pandai memilih media pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya. Hal ini dikarenakan pembelajaran untuk anak usia dini harus bisa menarik minat anak sehingga anak mau melakukan kegiatan pembelajaran di rumah. Adapun salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik yaitu menggunakan media video dalam menyampaikan materi pembelajaran pada anak. Video dapat dibuat semenarik mungkin sehingga anak tertarik untuk menontonnya dan mengikuti kegiatan yang dipandu melalui video tersebut. Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif anak dengan menggunakan media video. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana untuk pengumpulan datanya dengan cara observasi dan wawancara. Untuk subejek wawancaranya dengan menggunakan guru TKQ Miftahul Jannah dan orangtua murid sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini adalah bagaiman kreatifitas guru sangat berperan dalam keberhasilan penggunaan media video. Video yang dibuat semenarik mungkin akan menarik minat anak dalam belajar sehingga pengembangan kognitif anak yang disampaikan memalalui media video dapat tercapai.
Abstract
Published Learning activities in the pandemic teachers are required to be more creative and innovative, especially for early childhood education levels. Teachers should be smarter in choosing the right learning media for their students. This is because learning for early childhood should be able to attract children so that children want to do learning activities at home. One of the learning media that can be used by educators is to use video media in delivering learning materials to children. Videos can be made as interesting as possible so that children are interested in watching them and participating in activities guided through the video. The purpose of this study is to determine the level of cognitive development of children by using video media. In this study, researchers used research methods with descriptive qualitative approach where to collect data by observation and interview. For sub-mockery of his interview using TKQ teacher Miftahul Jannah and parents as a source of information. The result of this study is how teacher creativity plays a role in the successful use of video media. Videos made as interesting as possible will attract the interest of children in learning so that the cognitive development of the child delivered through video media can be achieved.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmita, M., & Mahyuddin, N. (2021). Peningkatan Penilaian Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 tahun di Taman Kanak-Kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 156–164. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.276
Media, P., Binatang, V., Motorik, T., Anak, K., Permata, T. K., & Surabaya, B. (2009). PENGARUH MEDIA VIDEO BINATANG TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A TK PERMATA BUNDA SURABAYA Hayatun Nufus Azizah PG PAUD , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya , Email : hanufazizah@gmail.com Sri Setyowati PG PAUD , Fakultas Ilmu Pend.
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2017). PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA PADA ANAK Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(3).
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 pertama kali di Indonesia .( COVID-19 , n . d .) Dengan adanya Virus ini pemerintah ( Covid-19 ). Pembatasan aktivitas adalah salah satu kebijakan dari pemerintah harus dijalani. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.
Wilantari, N. P. A., Suara, I. M., & Putra, S. (2016). Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flip chart untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 1–10.
WAYAN, Willy Suyanti Ni, et al. Penerapan Pembelajaran Nht Berbantuan Media Flash Card Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2016, 4.1.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya: Prenada Media Groupn
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Data Referensi Pendidikan. (https://referensi.data.kemdikbud.go.id)
DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Early Childhood
Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo
Information:
Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems. |