Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam

Zainuddin Zainuddin, Sulaiman W. Sulaiman W.

Abstract


 

Abstrak

Ayat Alquran mengisyaratkan; “Jagalah diri dan keluargamu dari api neraka” (Q.S. At-Tahrîm: 6). Namun masih ada orang tua yang permisif dan otoriter dalam pengasuhan anak, sehingga anak sholeh yang diinginkan belum terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kualitatif bagaimana pola dasar pengasuhan orang tua pada anak usia dini dalam mewujudkan anak sholeh perspektif pendidikan Islam. Paling tidak ada tiga pola dasar yang dapat dilakukan dalam mewujudkan anak sholeh; (1) Menanamkan akidah dalam pengasuhan anak sejak dini. Hal ini dapat dilakukan ketika anak masih dalam kandungan ibu, seperti berzikir, membaca Alquran, shalat dan berdo’a serta ibadah lainnya, juga selalu berkomunikasi dengan lembut penuh kasih sayang. Segera azankan ketika anak sudah lahir, sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw. (2) Tanamkan kecintaan anak terhadap Mesjid, karena Mesjid adalah lambang ibadah, pendidikan dan bersosial dengan masyarakat. (3) Lakukan pembiasaan yang baik dalam keseharian anak. Hal ini dapat dilakukan orang tua  melalui keteladanan bagi anak.    

  

Abstract

 

The Qur'anic verse implies; "Keep yourself and your family from the fire of hell" (Q.S. At-Tahrîm: 6). However, there are still permissive and authoritarian parents in parenting, so that the desired pious child has not been realized. The purpose of this study is to describe qualitatively how the basic pattern of parenting in early childhood in realizing pious children from the perspective of Islamic education. There are at least three basic patterns that can be done in realizing pious children; (1) Instilling faith in child care from an early age. This can be done when the child is still in the mother's womb, such as dhikr, reading the Koran, praying and praying and other worship, as well as always communicating gently and lovingly. Immediately call to prayer when the child is born, as exemplified by the Prophet. (2) Instill children's love for the mosque, because the mosque is a symbol of worship, education and socializing with the community. (3) Do good habits in the daily life of children. This can be done by parents through example for children.

 

Keywords


Pola Dasar 1; Pengasuhan Orang Tua 2; Anak Usia Dini 3; Mewujudkan Anak Sholeh 5; Perspektif Pendidikan Islam 4

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adi, S. (2021). 3 Pendidikan Yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Menurut Luqman al-Hakim. Diakses, tgl. 15 Juli 2022. https://tafsiralquran.id/

Al-Atsari, A. I. M. (n.d.). Jagalah Dirimu Dan Keluargamu Dari Api Neraka. Jagalah Didiakses, tgl. 15 Juli 2022 : https://almanhaj.or.id/22724-jagalah-dirimu-dan-keluargamu-dari-api-neraka.html.

At-Turmudji, A. I. M. B. I. B. S. (1994). Sunan Turmudji. Juz 3. h. 380.

Dahliana, D., & Irayana, I. (2020). PERUBAHAN PERSEPSI POLA ASUH PESERTA SETELAH MENGIKUTI PROGRAM SEKOLAH IBU DAN CALON IBU KOTA BANJARMASIN. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 11. https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.90

Drajat, Z. (1994). Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta, Rohama.

Fitri, I., & Hotmauli, H. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sibling Rivalry pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4163–4170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2480

H. Salati, S. (2012). KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT ISLAM. 1–27. Diakses 6 April 2022. https://core.ac.uk/download/pdf/327227843.pdf.

Hidayah, R. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. UIN-Malang Press, 2009.

Jalaluddin. (2002). Mempersiapkan Anak Saleh. Jakarta: Srigunting.

Kementerian Agama RI. (n.d.). Tafsir Kemenag RI. (ingatlah) ketika Lukman berkata,-benar kezaliman yang besar. Diakses, 16 Juli 2022. https://www.tokopedia.com/s/quran/luqman/ayat-13

Kementerian Agama RI. (n.d.-a). Tafsir Ringkar Kemenag RI. Diakses, tgl. 17 Juli 2022. https://www.tokopedia.com/s/quran/al-baqarah/ayat-233

Kementerian Agama RI. (n.d.-b). Tafsir Ringkas Kemenag RI. Diakses, 17 Juli 2022. https://www.tokopedia.com/s/quran/al-baqarah/ayat-168

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya (3rd ed.). Prenadamedia Group.

Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. INTELEKTUALITA, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720

Rohayati, E. (2011). PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK. Ta’dib, 16(Nomor: 1), 93–112. https://doi.org/10.19109/td.v16i01.56

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Sucipto, H. (2014). Memakmurkan Masjid Bersama JK. Jakarta: Grafindo Books Media.

Sulaiman W. (2022). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education, Volume 4 N, Halm 2704-2714. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2593

Susilawati. (2020a). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Langsa Baro, Aceh. Disertas Program Pascasarjana IAIN Langsa.

Susilawati, S. (2020b). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Thaha, M. C. (2000). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Rineka Cipta.

W. Sulaiman. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6(Issue 5 (2022)), (Online) 2356-1327 (Print). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418

Yani, A. (2013). Sejarah Masjid dan Ibadah Di Dalamnya. Jakarta: N.V. Visser.

Zainuddin, W., S., Musriaparto, & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print), 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Indonesian Journal of Early Childhood

Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Department of Teacher Edcuation of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

ijec.unw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/index
Whatsapp IDJCH

Himmah Taulany, S.Pd., M.Pd. (Editor-in-Chief)

+62 856-4133-1367

Creative Commons License
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems.