Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta

Muhammad Abdul Latif

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang berpengaruh terhadap pendidikan pada usia selanjutnya terutama pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga diperlukan stimulus atau rangsangan sejak dini. Pendidikan inklusif adalah proses pendidikan untuk memberikan pelayanan terhadap semua anak dengan latar belakang berbeda-beda seperti: latar belakang keluarga, ekonomi, disabilitas, agama atau ras serta karakter-karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang model pembelajaran area pada pendidikan inklusif anak usia 5-6 tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak usia 5-6 Tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran area pada pendidikan inklusif anak usia 5-6 tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakart terbagi dalam dua area, yaitu area dalam kelas dan area luar kelas. Area dalam kelas terdiri atas: 1)persiapan membaca, 2)persiapan berhitung, 3)persiapan menulis, 4)sains, 5)main peran, 6)melukis, dan 7)karya seni. Sedangkan area luar kelas terdiri atas: 1)balok dan 2)pasir.

 

Kata Kunci: anak usia dini, model pembelajaran area, pendidikan inklusif

Full Text:

PDF

References


Hijriyati. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Volume III Nomor 1 Januari-Juni 2017.

Ilahi, Muhammad Takdir. 2010. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Latif, Mukhtar dkk.. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Lilif Mualifatu Khorida dan M.Fadlillah. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Fadlillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD (Tinjauan Teoritik dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Fadlillah. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nurul Kusuma Dewi. Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 6 Edisi 1 Juni 2017.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2010. Buku Panduan Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v1i1.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini





Indonesian Journal of Early Childhood

Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Department of Teacher Edcuation of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

ijec.unw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/index
Whatsapp IDJCH

Himmah Taulany, S.Pd., M.Pd. (Editor-in-Chief)

+62 856-4133-1367

Creative Commons License
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems.