Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini

Salsabila Ayuni Kaffah

Abstract


Perkembangan teknologi pada era sekarang terbilang begitu cepat. Hal tersebut dapat kita lihat pada perkembangan teknologi gawai pada saat ini, dimana perangkat mobile/ desktop saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, namun juga mampu digunakan sebagai salah satu media edukasi/pembelajaran. Salah satu yang dinilai memiliki peranan cukup besar dalam dunia edukasi saat ini merupakan game edukasi. Pemanfaatan teknologi game jenis ini yang digunakan sebagai penunjang materi dalam proses belajar mengajar anak dinilai sebagai salah satu cara yang tepat, karena Game edukasi sebagai media visual mempunyai keunggulan lebih apabila dibandingkan dengan media visual yang lain seperti buku atau e-book.

Tujuan dari penelitian ini sendiri yakni untuk membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi mobile/desktop bertipe  game edukasi sebagai media penunjang edukasi/pembelajaran dalam hal ini yakni : mengenal nama buah dalam 3 bahasa berbeda termasuk Bahasa Indonesia , Bahasa inggris, dan Bahasa arab. Selain itu membantu anak mengenali bentuk buah, serta tata cara pengucapan nama buah yang benar dalam 3 bahasa tersebut. Game ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif edukasi/pembelajaran oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat menarik minat anak dan mengembangkan daya imajinasi, serta melatih pendengaran anak karena game dilengkapi tidak hanya dengan gambar dan tampilan yang menarik juga pelengkap suara pengucapan bahasa yang benar.

Keywords


Anak, Buah, Multimedia, PAUD, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


D. Nurdiana, D. Rahadian and A. Suryadi, "GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA BUAH DAN SAYURAN DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH DASAR," Jurnal Teknologi, p. 198, 2017.

I. Efendy, "Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan," 2018. [Online]. Available: https://www.it-jurnal.com/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan/.

R. A. Rahman and D. Tresnawati, "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma, p. 186, 2016.

A. Rahman, "Konsep Adalah," Rumus.co.id, 18 Mei 2020. [Online]. Available: https://rumus.co.id/konsep-adalah/. [Accessed 29 Juni 2020].

P. Alex, "Desain Adalah," Pengajar.co.id, 21 Juni 2020. [Online]. Available: https://pengajar.co.id/desain-adalah/. [Accessed 29 Juni 2020].

V. Anggarini, "Testing : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Manfaat," dosenpintar.com, 5 Februari 2020. [Online]. Available: https://dosenpintar.com/testing-adalah/. [Accessed 26 Juni 2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v2i2.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Indonesian Journal of Early Childhood

Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Department of Teacher Edcuation of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

ijec.unw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/index
Whatsapp IDJCH

Himmah Taulany, S.Pd., M.Pd. (Editor-in-Chief)

+62 856-4133-1367

Creative Commons License
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems.