Dimensi Kecerdasan Aq (Adversity Quotient) Anak dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Muhammad Alim Kahfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan AQ (Adversity Quotient) pada anak usia dini yang didasarkan pada kajian isi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Pentingnya penelitian ini dikarenakan masih sering ditemukan pola asuh, pendidikan oleh orang tua dan sekolah terhadap anak-anak dilaksanakan dengan cara memanjakannya. Mereka tidak sadar bahwa pola asuh dan pendidikan dengan memanjakan anak (spoiling) adalah merusak dan membuat anak tidak berdaya. Akibatnya masih banyak anak kita yang sudah dewasa ketika dihadapkan pada masalah yang sangat sederhana mereka tidak mampu mengatasinya dan masih meminta bantuan orang lain terutama pada kedua orang tuanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Ditemukan spirit dalam muatan kurikulum 2013 PAUD yang dapat meningkatkan kecerdasan AQ anak usia dini dalam kategori climber (pendaki), hal tersebut dapat dilihat pada: struktur kurikulum 2013 PAUD, sistem pembelajaran kurikulum 2013 PAUD dengan pendekatan saintifik dan penilaian kurikulum 2013 PAUD dengan model penilaian otentik. Kurikulum 2013 PAUD berbasis kecerdasan AQ memberikan dorongan dan peningkatan siswa lebih mandiri dan terbiasa menyelesaikan masalah. Adapun kemampuan dan kompetensi siswa yang dapat dikembangkan diantaranya adalah: (1) kemandirian anak, (2) kepercayaan diri, (3) rasa ingin tahu, (4) berdaya tahan tinggi, (5) motivasi meraih cita-cita yang tinggi, (6) semangat berkarya, (7)  kondisi ceria dan pebuh kegembiraan, (8) kesehatan emosional, dan (9) memiliki tekad yang kuat.

 


Keywords


Kecerdasan Adversity Quotient (AQ), Kurikulum 2013 PAUD, Pendekatan saintifik, Penilaian Otentik

Full Text:

PDF

References


Ansyar, Muhammad. Kurikulum; Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan. Jakarta: KENCANA, 2015.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Cet. ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Efendi, Agus. Revolusi Kecerdasan Avad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successfull Intelegences atas IQ. Bandung: Alfabeta, 2005.

Ginanjar, Ary. Agustian. ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga: 2005.

Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Cet. ke-5. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. ke-2. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Https://m.tempo.co/read/news/2016/06/01/064775707/mahasiswa-akuntansi-ui-bunuh-diri-secara-unik-karena-nilai

Stoltz, Paul G. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. cet. ke- 5. Jakarta: Grasindo, 2005.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet.ke-5. Jakarta: Indeks, 2012.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. cet. Ke-2. Jakarta: Kencana, 2012.

Sutarman, Maman dan Asih. Manajemen Pendidikan Usia Dini; Filosofi Konsep Prinsip dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Yoga, Miarti. Adversity Quotient Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tiga Serangkai, 2016.

Zohar, Danah. SQ: Kecerdasan Spiritual. Rahmani Astuti (terj.). Bandung: Mizan Pustaka, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v2i2.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Indonesian Journal of Early Childhood

Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Department of Teacher Edcuation of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

ijec.unw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/index
Whatsapp IDJCH

Himmah Taulany, S.Pd., M.Pd. (Editor-in-Chief)

+62 856-4133-1367

Creative Commons License
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems.