Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa

Andi Wahyuni Asti, Syamsuardi Saodi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.

Keywords


gambar seri, perkembangan Bahasa, kemampuan membaca

Full Text:

PDF

References


Ali dan Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aprinawati, I. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.68.

Dhieni, N. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Naisonal Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2001. Didaktik Metode di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Dirjen TK dan SD

Direktorat PAUD. 2004. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun. Jakarta: Direktorat PAUD.

Drevs, J. 2003. Media Gambar Seri. IDrugs : The Investigational Drugs

Journal.

Hadini, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Askara.

Izzaty, R. E., Cholimah, N. and Wulandari, R. (2017). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: 10.21831/jpa.v3i2.11704.

Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas.

Khotijah.2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary.

Kuncup Mekar Desa Sawangan, T. et al. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Dan Kartu Kata Cikurniati. Juli Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI).

Lidwina, S. 2012. Keterampilan Membaca Dan Menulis. Jurnal STIE Semarang.

Liliatun. 1979. Pendidikan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Trafika Loka.

Nugraha, A dan Dwiyana, D.S.A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Rahmat, P. S. and Heryani, T. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sajawandi, L. and Rosalina, A. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku ”Membaca Itu Mengasyikkan” Di Tk Plus Al

Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15088.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Algesindo.

Widiyaningsih. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Anak Kelompok B. Pendidikan Guru PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yudhasmara. 2009. Tes Kemampuan Bahasa Reseptif (online). (http://artikel pengembangan bahasa reseftif anak.com)




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v3i1.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Indonesian Journal of Early Childhood

Department of Teacher Education of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Department of Teacher Edcuation of Early Childhood Education, Faculty of Information Technology and Education, Universitas Ngudi Waluyo

ijec.unw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/index
Whatsapp IDJCH

Himmah Taulany, S.Pd., M.Pd. (Editor-in-Chief)

+62 856-4133-1367

Creative Commons License
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2019 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Powered by Open Journal Systems.