Dampak Permainan Daring Hago terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SD Negeri Wotan 02 Pati

Aan Zuliana Prastika, Veryliana Purnamasari, Husni Wakhyudin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang bermain game Hago dan sering berkomunikasi dengan temannya sehingga mengakibatkan  siswa berbicara kotor atau  kasar. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SD Negeri Wotan 02 kelas IV, V, dan VI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak permainan daring hago terhadap perilaku komunikasi siswa SD Negeri Wotan 02 Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif yang dilakukan dengan menguraikan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari sumber data melalui observasi, angket, wawancara. Hasil yang didapatkan penulis yaitu permainan daring hago dapat berdampak pada siswa antara lain siswa suka berbicara kasar atau kotor terhadap temannya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa suka berbicara kasar atau kotor sehingga sering terbawa kedalam  kesehariannya, dapat menambah kosa  kata baru karena sering melakukan komunikasi, kemampuan komunikasi siswa dapat terasah sehingga menjadikan siswa lebih percaya diri apabila bercerita dengan temannya, selain itu dapat memudahkan siswa dalam menambah pertemanan. Walaupun  sering bermain game hago tidak menjadikan siswa SD Negeri Wotan 02 untuk berperilaku tertutup.

 

Kata kunci : Game online Hago, perilaku komunikasi


Full Text:

PDF

References


Anisa, N., Asrosi, A., & Wicaksono, L. (2018). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online terhadap Kreativitas Belajar Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Aziz, M. S. (2016). Pengaruh game online terhadap perilaku komunikasi antar personal siswa kelas X TSM di sekolah SMK PGRI 4 kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi kedua. Jakarta: Rajawali pers.

Irma, M. R. (2016). Perilaku komunikasi komunitas shinwa cosplay pekanbaru dalam membentuk kohesvitas kelompok. JOM Fisip 3(2)

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokratinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal konseling Gusjigang 3(1)

Maulidiah Bahiyatul Lu’lu’ul, Ika Ratih Sulistiani, Ika Anggraheni. (2019). Upaya guru akidah akhlak dalam mengembangkan perilaku siswa mts nurul jadid surodinawan mojokerto.VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam,Vol 4, no 3

Sulistiani, I. R., & Anggraheni, I. (2019). Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Perilaku Siswa MTs Nurul Jadid Surodinawan Mojokerto. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 121-126.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, H. S. (2018). Analisis Dampak Pengaruh Game Mobile terhadap Aktifitas Pergaulan Siswa SDN Tanjung Barat 07 Jakarta. Faktor exacta 11(2)

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh kecanduan game online siswa SMA Kelas X terhadap kecerdasan sosial sekolah kristen swasta di makasar.Jurnal jaffray 15(2)

Anggesa, R. (2018, Juli). Inovasi Terbaru, 20 Game Dalam 1 Konten Aplikasi Android. Diakses dari https://www.kompasiana.com/resdika220898/5b4f684c677ffb3c9317afa2/inovasiterbaru-20-game-dalam-1-konten-aplikasi-android?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.