Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang

Normalia Maulidiana, Ervina Eka Subekti, Intan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1.Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Gayamsari 01 Semarang sudah terlaksana dengan baik dimana dalam pelaksanaanya nilai karakter religius, mandiri, nasionalisme, integritas dan gotong royong sudah terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung, 2.Nilai penguatan pendidikan karakter pada diri siswa kelas IV menunjukan hasil yang beragam, empat nilai karakter menunjukan sudah membudaya yaitu nilai karakter religius, nilai karakter nasionalisme, nilai karakter integritas dan nilai karakter gotong royong keempat nilai karakter tersebut sudah diimplementasikan oleh siswa dengan baik dan berkesinambungan sedangkan satu nilai karakter yaitu nilai mandiri mulai berkembang pada diri siswa hal tersebut menunjukan bahwa siswa belum terbiasa dalam mengimplementasikan nilai karakter mandiri, 3. Peran guru membentuk karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran ditunjukan dengan guru sudah menjadi model karakter yang baik bagi siswa di dalam kegiatan pembelajaran, 4. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran secara offline maupun online saat masa pandemi sudah terlaksana dengan baik akan tetapi masih ada beberapa kendala sehingga belum terlaksana secara maksimal.

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar

 


Full Text:

PDF

References


Daryanto. S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbita Gava Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Samani, M. & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.