Analisis Nilai Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Musik dan Tari di SD Negeri Candi 01 Semarang

Dewi Ayu Wulandari, Ervina Eka Subekti, M Yusuf Setia Wardana

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena masih kurangnya penanaman nilai karakter di usia anak. Dimana masih terdapat siswa dalam berbicara menggunakan bahasa yang tidak baik, etika terhadap teman. Dan masih banyak guru yang belum mengetahui manfaat dari kegiatan pembelajaran seni musik dan tari dalam membentuk karakter siswa. Konteks Penelitian ini adalah (1) Tidak hanya membentuk siswa yang cerdas melainkan siswa yang berkarakter. (2) Penanaman karakter melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari dengan segala aspek nilai karakter yang dapat terlihat didalamnya. Fokus Penelitian ini adalah 1) Nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. 2) Bagaimana penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter apa saja yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan tari. 1) Untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. 2) Untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjuk bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan tari dilaksanakan setiap hari kamis yang dimulai pukul 13,00- 15.30 WIB. Sistem yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni musik menggunakan alat musik pianika, bagaimana cara memainkan, menghafal not. Sistem yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari melakukan tarian tradisional, menghafal gerakan tarian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat karakter religius, toleransi, disiplin, peduli sosial, dan tanggung jawab yang terlihat dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan tari.


Full Text:

PDF

References


Arifiyanti, K., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018, September). ANALISIS MOTIF BATIK RIFA’IYAH SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBATIK DI SDN WONOBODRO 01 BATANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.

Fadilah, N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional dalam Membentuk Karakter pada Siswa Kelas Tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Khotimah, D. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2019, October). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Karanganyar Gunung 01 Semarang dan Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa. In Seminar Pendidikan Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 157-162).

Kurniawan, E. Y. (2018). Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Drumbannd di Sekolah Dasar Negeri Mekarsari II Kabupaten Tangerang. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 3(2).

Riananda, D. M., Subekti, E. E., & KHB, M. A. (2019). Implementasi Metode Modelling The Way dengan Permainan Mathchess untuk Meningkatkan Keterampilan Perkalian. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 403-413.

Wardana, M. Y. S. (2019). IMPLEMENTASI MODEL RME DENGAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 69-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.