Penerapan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Sabtu Bersih di SDN Pleburan 03 Semarang

Pramudita Tyas Hapsari, Sunan Baedowi, Qoriati Mushafanah

Abstract


        Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Objek penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang sudah berjalan dengan baik, dimana siswa melakukan tanggung jawab yang berkaitan dengan pendidikan karakter melalui budaya sabtu bersih di sekolah yang mereka tetap lakukan di saat pandemi dan diimplementasikan di rumah. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Melalui budaya sabtu bersih adalah salah satu cara menumbuhkan kesadaran siswa akan tanggung jawabnya serta dilakukannya pembiasaan-pembiasaan lain yang mendukung seperti pembiasaan upacara, apel pagi, senam, shalat dhuhur, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas dengan tepat waktu yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan tangggung jawabnya dan melakukannya atas dasar kemauan diri sendiri dan bukan paksaan dari orang lain.

Kata Kunci : karakter, tanggung jawab, kesadaran


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, A. N. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pendagogia

https://digilib.unila.ac.id/11543/18/BAB%2520III.pdf&ved=2ahUKEwiG09zRwroAhUs4MBHUACiQQFjANegQICBAB&ug=AOvVaw20ap6ftfZHnNfguNUgaP1 (diakses pada 7 Maret 2020 pukul 16:24)

https://www.google.com/amp/s/m.artikata.com/arti-381428-penerapan.html (diakses 4 Maret 2020 pukul 19:09)

https://moondoggiesmusic.com/pendidikan-karakter/ (diakses 3 Januari 2020 pukul 11.00)

https://www.indonesiastudents.com/4-pengertian-kesadaran-menurut-para-ahlidan-jenisnyalengkap/ (diakses pada 7 Maret pukul 09.00)




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.