Keefektifan Model Discovery Learning Berbantu Media Vikoci Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ni dilaksanakan pada salah satu SDN di Batang kelas V yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive sampling”. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantu media VIKOCI diperoleh thitung = 7,007> ttabel = 2,080. Maka Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%. Maka terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi daur air pada salah satu kelas V SDN di Batang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI (Video, Kompor, dan Panci).
Kata Kunci : model Discovery Learning, media VIKOCI, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kulikulum 2013 Bandung: PT Refika Aditama.
Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatof Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah
Universitas Ngudi Waluyo
Information:
DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems. |