Analisis Nilai Karakter pada Lagu Anak dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku

Nur Puji Fitriana, Moh. Aniq KHB, Sukamto Sukamto

Abstract


Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena Pembentukan karakter pada anak dapat dibentuk berdasarkan pengaruh lingkugan, sekolah (formal) dan lingkungan tempat tinggal (informal). Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan lagu anak. Dalam lagu anak terdapat berbagai nilai karakter yang terkandnung didalamnya namun ada beberapa anak yang tidak memahami nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak tersebut. Implementasi pendidikan karakter di sekolahan sejalan dengan penerapan kurikulum. Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang menjadi lebih baik. Perubahan kurikulum disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan siswa akan muatan materi yang tidak hanya mengembangkan aspek pengetahuan namun juga seimbang dengan aspek keterampilan dan aspek sikap. Selain itu, perlu diterapkan kurikulum yang tidak hanya berbasis kompetensi namun sekaligus berbasis karakter, oleh karena itu pemerintah merefitalisasi pendidikan karakter dalam seluruh jenis dan jenjang pendidikan termasuk dalam pengembangan kurikulum. Fokus penelitian ini adalah ditentukan  fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis nilai karakter apa saja  yang terdapat pada lagu anak dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku . Hasil dari penelitian ini berupa bagaimana isi atau kandungan nilai karakter pada lagu anak dalam buku siswa kurikulum 2013 sd/mi kelas 1 tema 2 kegemaranku. Yaitu berupa lirik lagu yang mengandung nilai karakter yang dapat diterapkan atau digunakan sebagai pengembangan karakter pada anak. Simpulan dari penelitian ini adalah nilai karakter yang terdapat pada lagu anak dalam buku sisiwa kurikulum 2013 sd/mi kelas 1 tema 2 kegemaranku diantaranya: religius,  jujur, disiplin, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cintai Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan dan Tanggug Jawab.

Kata kunci : Nilai, Karakter, Lagu anak, Buku siswa, Kurikulum


Full Text:

PDF

References


Endraswara, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Folklor. Yogyakarta: Medpress.

Jogloabang.com. (2018). Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. https://jogloabang.com/pendidikan/perpres-no-87-tahun-2017- tentang-penguatan-pendidikan-karakter

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

https://kurikulum2013kelas6.wordpress.com/2015/06/25/buku-guru-dan-buku-siswa/kemendikbud./diunduh tangga l2 maret 2020

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Definisimenurutparaahli.com. Definisi Para Ahli. https://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-pendidikan-karakter/ Diakses pada tanggal 26 Mei 2019.

Zonareferensi.com. (2018). Pengertian Nilai Menurut Para ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-nilai/Diakses tanggal 26 Maret 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.