Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan

Aprilia Milasari, Mei Fita Asri Untari, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI Semester I di SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dalam materi Pemilu dan Pilkada melalui penerapan metode role playing dengan media kartu suara, dengan tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatan hasil belajar melalui penerapan metode role playing. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data 26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode role playing mencapai peningkatan dalam minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn materi pemilu dan pilkada siswa kelas VI, dengan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 45 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 85. Hasil belajar soal pre test sebanyak 15 % tuntas (4 siswa) dan 85 % belum tuntas (22 siswa) dan 96 % tuntas (25 siswa) dan 4 % belum tuntas (1 siswa) hal tersebut menunjukkan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal  (KKM). Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn materi pelaksanaan pemilu dan pilkada. Pembelajaran lebih efektif dengan menerapkan metode role playing agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

 

Kata kunci :  Peningkatan hasil belajar, PKn, Materi Pemilu dan Pilkada.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.

Bandung: Yrama Media.

Dihardja, D. (2000). Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Daryanto, T. (2013). Inovasi Pembelajaran

Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Bumi

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, E. (2008). Asesmen Pembelajaran

SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sani, R. A. & Sudirman. (2017). Penelitian

Tindakan Kelas Pengembang Profesi

Guru, Edisi Revisi, Kota Tangerang,

Tsmart Printing.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta:

Kencana

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning

Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya:

Pustaka Belajar.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran.

Bandung: CV Wacana Prima.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.